Disdukcapil Tangsel Ingatkan WNA Pentingnya Punya SKKT

oleh -
Petugas Disdukcapil saat pendataan WNA. (ist)

Palapanews.com- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus meningatkan pentingnya memiliki Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKKT) bagi warga negara asing (WNA) yang tinggal di kota ini.

“Dari razia WNA, masih ada saja WNA yang tidak memiliki SKKT, meski surat-surat lain seperti Paspor. Padahal SKKT itu wajib,” kata Kepala Bidang Pencatatan Pelayanan Kependudukan pada Disdukcapil Kota Tangsel Heru Sudarmanto.

Heru mengatakan, pihaknya rutin melakukan razia WNA. Seperti yang dilakukan di Country Wood Cluster, Kelurahan Rengas, Kecamatan Ciputat Timur pada Rabu (21/3) silam. Di cluster itu, ada 120 Kepala Keluarga (KK) WNA yang tinggal.

“Kita melakukan sampling acak. Dari 120 KK, tiga orang diambil sampling dan dari sampling tersebut warga India dua keluarga dan warga Inggris mereka lengkap administrasi paspor, KITAS sesuai dengan ketentuan mereka di Indonesia,” tandasnya.

Namun sayangnya, Heru mengatakan masih ada WNA yang belum memiliki SKTT. Padahal SKTT itu wajib dimiliki jika mereka mau tinggal di Tangsel atau menetap di Indonesia untuk urusan pekerjaan dan lainnya.

“Ya WNA rata-rata masih belum mengetahui bahwa SKTT itu wajib dimiliki. Tadi juga ada pasangan India yang berencanan tinggal selama dua tahun masih belum memiliki SKTT. Kita lakukan pembinaan, jika mereka harus segera membuatnya,” kata Heru. (hms/one)

Komentar Anda

comments