Sungai Cisadane Jadi Sumber Air 3 Wilayah Tangerang

Coffee morning membahas soal Hari Air Sedunia di Hotel Allium. (nad)

Palapanews.com- Sungai Cisadane melintasi tiga wilayah di Tangerang, yakni Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang. Aliran sungai yang memiliki hulu di Kabupaten Bogor ini menjadi sumber air tiga wilayah yang dilintasinya.

“Sungai Cisadane sebagai satu-satunya sumber air di Tangerang Raya. Meliputi Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang dan Bandara Internasional Soekarno Hatta,” kata Direktur Utama PDAM Kota Tangerang, Sumarya pada coffee morning dengan tema Hari Air Sedunia di Hotel Allium, Tangerang, Selasa (20/3/2018).

Sebagai satu-satunya sumber air, menurut dia polutan di Sungai Cisadane semakin tinggi. “Kami terus berupaya melakukan monitoring serta pemeriksaan rutin. Hasil produksi saat ini masih memenuhi standar air minum,” ujarnya.

Hingga saat ini, Sumarya mengaku pelanggan terbesar dalam penggunaan air dari Sungai Cisadane yakni pihak PT Angkasa Pura II. Air dari Sungai Cisadane dimanfaatkan di Bandara Soekarno Hatta dan menjadi dikonsumsi para pengguna jasa bandara.

“Ada kebanggaan juga dari kami melayani Bandara, suplainya masyarakat internasional,” ucapnya.

Deputy Executive General Manager Airport Maintenance Bandara Soetta, Fahroji menyatakan keberadaan air Sungai Cisadane dipakai oleh turis asing. Sebab pengelolaannya dibawa melalui sejumlah maskapai di Bandara Soetta.

“Air Cisadane masuk ke dalam pesawat mengudara ke mancanegara. Bule – bule pada pakai dan melalui proses ketat serta bertahap,” kata Fahroji.

Menurutnya, data setiap tahunnya penggunaan air di Bandara Soetta meningkat dan tahun 2017 saja pihaknya memerlukan 11.535 meter kubik air, dan tahun 2018 dipastikan naik signifikan karena angka penumpang yang terus bertambah.

Sementara itu Direktur Hubungan Korporasi PT Multi Bintang, Bambang Britono menyebut air Cisadane menghasilkan kualitas yang luar biasa. Pihaknya menjadi urutan kedua yang bergerak di bidang usaha dalam pemakaian air di PDAM TB Kota Tangerang.

“Sebanyak 90 sampai 95 persen produk bisnis kami terdiri dari air. Kami sempat menang kontes bir internasional, karena kualitas air Cisadane yang sudah teruji ini,” imbuh Bambang.

Ia mengklaim produknya tersebut bahkan sudah bisa dinikmati di berbagai negara. Mulai dari Inggris, Jepang, Australia dan lain sebagainya.

“Sudah kami uji hingga ke Belanda mengenai air Cisadane ini. Sekarang tinggal bagaimana kelanjutan dan melakukan perawatan sekaligus pelestariannya, jangan sampai air menjadi langka serta tercemar,” paparnya. (nad)

Komentar Anda

comments