Pelanggan XL Axiata di NTB Capai 2.7 Juta

oleh -
BTS USO Talonang, NTB. (ist)

Palapanews.com – Saat ini di wilayah NTB, XL Axiata memiliki lebih dari 2,7 juta pelanggan yang didukung lebih dari 1700 BTS, dimana sekitar 20% merupakan BTS 4G.

Menurut Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya, XL Axiata memiliki visi yang sejalan dengan pemerintah dalam menyediakan jaringan telekomunikasi dan data/internet. Sehingga masyarakat di daerah-daerah terpencil segera dapat memanfaatkannya untuk mengejar ketertinggalan dari daerah lain.

“Sekaligus mempercepat pembangunan nasional yang dilaksanakan pemerintah,”  tegasnya di Jakarta baru-baru ini.

Sejak jaringan USO (universal service obligation) di 6 lokasi di Sumbawa beroperasi, kini sekitar 3.000 pelanggan baru telah memanfaatkannya. Di Kabupaten Bima, BTS program USO berada di Desa Kawuwu, Kecamatan Palibela.

Di Kabupaten Sumbawa Barat berada di Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang. BTS lainnya berada di Kabupaten Sumbawa, yaitu Desa Lebangkar, Desa Ranan, dan Desa Lawin yang sama-sama berada di Kecapatan Ropang. Satu BTS lagi berada di Desa Lebin, Kecamatan Leangguar.

Semua desa lokasi program BTS USO tersebut berada di daerah yang termasuk kategori terpencil. Jarak tempuh dari Ibu Kota Kabupaten rata-rata lebih dari 45 km dan perlu lebih dari 3 jam untuk mencapai lokasi.

Secara nasional, hingga akhir 2017 lalu, jaringan XL Axiata di seluruh Indonesia telah didukung lebih dari 100 ribu BTS. Sekitar 65% nya merupakan BTS 3G & 4G untuk mendukung layanan data, dan 35% lagi merupakan BTS 2G.

Layanan Data XL Axiata telah menjangkau sekitar 93% dari total populasi penduduk Indonesia, sedangkan layanan 2G telah mampu menjangkau lebih dari 93% populasi.

“Pembangunan infrastruktur BTS 3G & 4G terus akan dilakukan selaras dengan fokus XL Axiata untuk menjadi perusahaan penyedia layanan koneksi data pilihan di Indonesia,” tandasYessie. (rls/bd)

Komentar Anda

comments