Kementan Sertifikasi 50 Kebun Belimbing di Depok

oleh -
Pasar Tani Depok.
Pasar Tani Depok.

Palapanews.com- Sedikitnya 50 kebun belimbing di Kota Depok, Jawa Barat telah disertifikasi Badan Ketangan Pangan Kementerian Pertanian. Dengan mengantongi sertifikasi, berarti buah yang dihasilkan sejumlah kebun di Kota Depok berkualitas baik, karena telah lulus uji Kementan.

“Ada 50 kebun yang kita ajukan ke Badan Ketahanan Pangan, jumlahnya sama seperti tahun sebelumnya. Setelah lolos uji kadar tanah, uji pohon dan cara pemilik memperlakukan pohon belimbing hingga berbuah, kemudian pemilik kebun akan mendapatkan sertifikat. Ini berlaku hingga dua tahun ke depan,” ujar Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Holtikultura Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, Hermin Kusmiati, Minggu (11/3/18).

Adapun sertifikasi tersebut terdiri dari tiga tahapan, antara lain Prima 3, Prima 2 dan Prima 1. Jika sudah mendapat Prima 1, maka buah tersebut layak untuk diekspor.

“Sampai saat ini belum ada yang mencapai Prima 1, tapi tetap kami upayakan. Untuk Prima 2, sudah ada 2 kebun yang tersertifikasi yaitu petani asal Pancoran Mas dan Tugu Cimanggis. Ke depan ada dua kebun lagi yang menuju Prima 2 yaitu untuk petani di Kecamatan Sawangan dan Beji,” ucapnya.

Setelah kebun disertifikasi, nantinya Badan Ketahanan Pangan akan terus mengevaluasi untuk menentukan tahun berikutnya apakah masih layak disematkan predikat tersebut atau tidak.

“Kebun yang sudah tersertifikasi, belimbing atau pun kemasannya wajib untuk menggunakan label. Badan Ketahanan Pangan juga akan terus mengevaluasi kebun dan komitmen dari pemilik atau petani,” tandasnya. (red)

Sumber: depok.go.id

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.