Inilah Program Unggulan Dinas Perkim Kota Tangerang di 2018

oleh -

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) terus berusaha mewujudkan Kota Tangerang menjadi kota yang huni.

Untuk itu, tahun anggaran 2018 ini berbagai program unggulan dirancang agar masyarakat semakin nyaman dengan sarana dan kepedulian yang ditunjukkan Pemerintah Kota Tangerang.

Program-program tersebut meliputi, program bedah rumah yang mencapai 1.000 unit. Menurut Kepala Dinas Perkim, Dafyar Eliyadi Hardian, bedah rumah tahun ini dilaksanakan di 13 kecamatan di Kota Tangerang.

“Untuk masing-masing unit akan diberikan bantuan senilai Rp 20 juta yang dilaksanakan oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM),” ucapnya.

Jumlah bedah rumah yang dibangun tahun ini semakin berkurang mengingat semakin banyaknya rumah yang telah dibedah dari tahun ke tahun.

Adapun rinciannya Di tahun 2014, bedah rumah 52 unit. Di tahun 2015 bertambah menjadi 1.107 unit. tahun 2016, 1.451 rumah tidak layak juga dibedah kemudian lonjakan drastis jumlah rumah dibedah ditahun 2017 sudah 2341 rumah. Sedangkan kategori rumah penerima yang akan dibedah adalah masyarakat yang tidak mampu, meliputi kondisi rumah yang tidak layak huni, rumah tidak sehat tanpa sanitasi, dan atap rapuh.

Selain itu, pada tahun ini juga dilaksankan pembangunan Gedung Kesenian yang direncanakan dibangun di kawasan Moderland pada lahan fasos fasum. Pembangunan ini akan dibangun di tempat yang berbeda daripada lokasi yang telah ada. Gedung kesenian ini juga nantinya akan lebih represetatif dibanding yang telah ada sebab memiliki berbagai fasilitas yang sudah disiapkan seperti ruang pementasan, ruang ganti serta sarana parkir kendaraan.

Upaya ini juga dilakukan sebagai memfasilitasi seniman serta sebagai pusat kegiatan seniman. Dengan luas yang diperkirakan mencapai 3.000 meter persegi itu, kehadiran gedung kesenian diharapkan akan semakin meningkatkan semangat seniman dalam berkarya.

Berikutnya Dinas Perkim juga melaksanakan pemasangan pipa retikulasi air di beberapa titik, seperti Pakojan Cipete, Kunciran, Periuk. “Ini agar warga mendapat cakupan pelayanan air bersih semakin merata,” ucapnya.

“Kami juga akan membangun gedung SD dan SMP. Dan, pembangunan gedung MUI Kecamatan Pinang dan Cibodas, serta untuk Puskemas dan Posyandu, dan rehab kantor Kecamatan Neglasari dan Benda,” ucapnya.

Sementara itu, untuk sektor kesehatan, Dinas Perkim juga membangun puskesmas meliputi Jurumudi Baru, Puskesmas Batusari, Puskemas Sudimara Pinang, Batusari dan Gebang Raya dan Puskemasmas meliputi Puskesmas Kedaung Wetan, Puskesmas Ciledug, reha rehab Puskesmas Pasar Baru dan Puskesmas Gebang Raya.

Selain itu, ada pembangunan GOR, lapangan futsal, lapangan volly, pembangunan gedung workshop Dinas Perhubungan, pembangunan gedung parkir di Masjid Al-Azhom dan pembangunan septi tank komunal di rumah padat penduduk di Cimone. Tak cuma itu, rencananya akan dibangun gudang obat RSUD dan jembatan penghubung RSUD dan pengawasan penyempurnaan pembangunan gudang obat RSUD. (Adv)

Komentar Anda

comments