HMI Milenial Disebut Segarkan Sistem Organisasi

oleh -
Kettua Badko HMI Sulselbar Bidang Infokom, Muhammad Awal Yanto.
Kettua Badko HMI Sulselbar Bidang Infokom, Muhammad Awal Yanto.

Palapanews- Kongres XXX Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Ambon telah dimulai. Sekelumit hal pun membuntuti jalannya kongres organisasi tertua itu, sehingga diprediksi kongres HMI akan berjalan lebih lama dari jadwal yang telah ditetapkan.

Muh. Awal Yanto, salah-satu staf pemenangan Tim Milenial menyebut bahwa, perdebatan hal-hal taktis dalam persidangan kongres harus diminimalisir. Ia menyatakan bahwa Kongres harus diarahkan pada hal-hal yang lebih substansial.

“Wacana kita sejauh ini masih terlalu politis, sehingga bukan hanya menjadikan kongres mengambil waktu yang banyak, gagasan substansial seperti wacana kebangsaan dan keislaman pun menjadi kurang didengungkan” kata Awal -sapaan Muh. Awal Yanto ditemui di Universitas Pattimura Ambon, Minggu (18/2/2018).

Aktivis yang juga ketua Badan Koordinasi HMI Sulawesi Selatan Barat (Badko HMI Sulselbar) bidang infokom itu menyatakan bahwa, organisasi sebesar HMI harus bisa mereposisi diri dalam narasi besar permasalahan-permasalahan keumatan. Hal ini menurutnya sangat penting guna eksistensi HMI ke depan.

“Kita harus tegas memilih jalur yang sesuai dengan landasan ideologi HMI yakni NDP. Sehingga, Himpunan kita tidak akan hanya menjadi alat bagi para politisi yang haus kepentingan,” katanya

Bukan hanya itu, ia menilai HMI bahkan juga akan ditinggalkan bilamana kondisi dan situasi masih seperti sekarang. Awal meneruskan bahwa kesulitan dalam mereposisi organisasi akan mengakibatkan organisasi menjadi stagnan, sulit beradaptasi dengan zaman.

“Kita tahu, Himpunan kita hanya akan menunggu waktu untuk punah bilamana ia gagal mengikuti perubahan zaman,” ujarnya.

Untuk itu lanjutnya, modernisasi seperti digitalisasi harus segera diterapkan. Dengan begitu, Organisasi kita bisa berjuang di banyak jalan. Salah-satu yang kita inginkan ialah perjuangan di dunia digital.

“Kalau dulu kita selalu memperjuangkan hal melalui demonstrasi, sudah saatnya kita juga berjuang di dunia digital. Kita bisa mengaspirasikan gagasan keislaman dan keindonesiaannya yang menjadi khas organisasi kita, melalui jalan itu. Maka HMI Milenial adalah jalan menyegarkan kembali sistem organisasi,” pungkasnya. (ded/one)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.