Danpos TNI AL Agats: Penyaluran Bantuan Harus Sesuai Prosedur

oleh -
Danpos AL Agats, Timika, Letda Diki Erlan. (nad)

Palapanews- Maraknya penyakit campak dan gizi buruk di distrik Agats, Kabupaten Asmat menuai banyak perhatian dari bebagai macam pihak yang ingin membantu. Letda Diki Erlan Pranata selaku Komandan Pos TNI Angkatan Laut Agats memaparkan prosedur penyaluran bantuan yang benar sesuai dengan wilayah kemaritiman.

Menurutnya, bantuan yang akan disalurkan harus langsung melalui posko tertentu yang berlokasi di Aula Kesbangpol  Agats.

“Jadi, donatur terlebih dahulu melapor kesana melalui Dinas sosial, setelah itu barang didata asalnya serta jumlahnya,” ujar Diki saat ditemui di Pos AL Agats, Rabu (24/1/2018).

Kemudian ada pula surat serah terima barang yang ditandatangani dan diturunkan serta dimasukan kedalam gudang logistik milik pihak Pemerintah Daerah yang bekerja sama dengan TNI, Polri, Keuskupan serta Dinas Kesehatan untuk mendistribusikan ke distrik-distrik yang membutuhkan.

Pos AL Distrik Agats Kabupaten Timika.

“Pada prinsipnya, kami sebagai unsur keamanan laut di perairan Asmat yang berkaitan dengan keamananan pelayar, pesisir dan yang berkaitan dengan kemaritiman,” imbuh pria asal Malang ini.

Pada intinya, dalam hal ini pihaknya bertugas untuk memperlancar kegiatan kemaritiman. Dalam hal ini konteksnya, ia beserta anggota lainnya memantau kapal-kapal yang berlayar dari keselamatan pelayaran, keselamatan muatan dengan tujuan untuk kelayakan berlayar.

“Nama-nama penumpang seharusnya masuk kedalam crew list. Namun, jika hal ini terlupakan dan terjadi kecelakaan, maka pihak kami lah yang tetap akan bertanggung jawab,” jelasnya.

Jadi, sangatlah penting melapor untuk keselamatan kapalnya, seperti jika cuaca buruk yang ingin berlayar tidak diperkenankan. (nad)

Komentar Anda

comments