Stok Beras di Kota Tangerang Aman

oleh -

Palapanews.com- Kementerian Pertanian mengambil kebijakan melakukan impor beras sebanyak 500.000 ton. Dan, Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah berharap impor beras tersebut dapat menstabilkan harga beras di daerah.

Walikota mengungkapkan, pihaknya memang menerima informasi adanya kekurangan stok beras. Namun di Kota Tangerang masih tergolong aman.

“Di Kota Tangerang sebenarnya aman, tapi karena secara nasional kekurangan, harga beras putih secara regional ada kenaikan,” kata Walikota, Rabu (17/1).

Dikatakan Walikota, dari Dinas Perdagangan Kota Tangerang sendiri sudah mengadakan operasi beras di beberapa titik bekerjasama dengan Bulog. Ia berharap mudah-mudahan bisa menurunkan harga beras di masyarakat.

“Kementerian juga mengambil kebijakan impor beras 500.000 ton, mudah-mudahan ini bisa menstabilkan harga beras termasuk di wilayah Kota Tangerang. Tapi secara supply masyarakat gak perlu gelisah karena suplai beras di kota Tangerang aman,” tegas Walikota.

Perlu diketahui, Kementerian Pertanian juga meminta publik tak perlu khawatir, sebab beras impor tersebut tidak dijual untuk umum.

Menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian, Momon Rusmono, beras yang diimpor oleh Kementerian Perdagangan tersebut dikategorikan ke dalam beras khusus, yang ditujukan terutama untuk kebutuhan kesehatan, hotel, rumah makan, dan katering.

“Sehingga dalam penjualannya pun akan bekerjasama dengan ritel, tidak dijual secara umum,” kata dia.

Impor beras tersebut, menurut Momon karena pasokan beras khususnya di ibu kota negara belum optimal. Sehingga harga beras cenderung naik dan keputusan pemerintah untuk menekan harga tersebut melalui impor beras dengan jumlah terbatas. (ydh)

Komentar Anda

comments