Kota Tangsel Raih Predikat Kota Layak Pemuda 2017

oleh -
Mepora Imam Nahrawi memberikan penghargaan kepada Kepala Dispora Tangsel E Wiwi.
Menpora Imam Nahrawi memberikan penghargaan kepada Kepala Dispora Tangsel E Wiwi.

Palapanews.com- Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meraih predikat Kota Layak Pemuda 2017 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Dari semua Provinsi, ada 10 Kota dan Kabupaten yang masuk dalam kategori “Kota Layak Pemuda Utama” yang salah satunya adalah Kota Tangsel.

Penghargaan kepada 10 Kota Layak Pemuda (KLP) Utama 2017, diberikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi kepada masing-masing Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (28/10/2017) silam. Penghargaan ini menjadi rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Indonesia.

“KLP merupakan salah satu program prioritas Kemenpora dalam meningkatkan mutu standardisasi kepemudaan di seluruh Indonesia, sehingga semua Kota dan Kabupaten di Indonesia mempunyai standardisasi dalam pengembangan pemuda yang berusia 16 sampai 30 tahun yang diatur dalam UU dan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 11 Tahun 2017,” kata Menpora.

Dia berharap dengan predikat kota layak yang diberikan kepada 10 kabupaten/ kota maka perhatian pemerintah daerah kepada bidang kepemudaan lebih meningkat dibanding sebelumnya, yaitu dengan mengeluarkan kebijakan atau peraturan-peraturan yang berpihak pada kepemudaan baik berupa peraturan daerah (Perda) atau peraturan bupati dan walikota.

“Terpenting ada program-program dan kegiatan yang banyak melibatkan pemuda dengan dukungan anggaran yang memadai. Pemerintah daerah juga menyiapkan prasarana dan sarana kepemudaan yang bisa mengakomodir semua aktivitas para pemuda di daerahnya masing-masing,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Tangsel, E. Wiwi Martawijaya berharap penghargaan ini dapat menambah semangat para pemuda Kota Tangsel untuk berkonstribusi lebih banyak dalam pembangunan daerahnya.

“Karena penghargaan ini pada hakekatnya merupakan bentuk pengakuan dan apresiasi pemerintah atas kinerja pemerintah Kota Tangerang Selatan di bidang kepemudaan, juga atas segala konstribusi pemuda dalam geliat pembangunan Kota Tangsel,” tandasnya.

Dengan status Kota Layak Pemuda, kata dia, Pemkot Tangsel akan terus berbenah dalam hal pilihan program dan kegiatan dengan dukungan anggaran yang memadai untuk kepemudaan. Serta segera mengeluarkan kebijakan dan peraturan-peraturan daerah yang pro kepemudaan.

“Dan yang tidak kalah penting adalah menata dan membangun prasarana dan sarana kepemudaan, karena dengan status Kota Layak Pemuda tidak menutup kemungkinan kota atau kabupaten lain di Indonesia datang ke Kota Tangsel untuk melakukan studi banding,” pungkas Wiwi.(nad)

Komentar Anda

comments