Tangsel Diverifikasi Tim Kota Sehat Nasional

oleh -

Palapanews.com – Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany menerima Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional di Aula Lt. 4 Balaikota Tangsel, Maruga, Ciputat, Kamis (26/10/2017).

Kehadiran tim verifikasi yang dipimpin oleh Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat Sofwan dalam rangka kesertaan Kota Tangerang Selatan dalam ajang Kota Sehat Tingkat Nasional yang selenggarakan Kementerian Kesehatan RI tahun 2017.

Walikota Airin Rachmi Diany mengutarakan dalam rangka Kota Tangerang Selatan menuju Kota Sehat, Pemerintah telah melakukan upaya, salah satunya Kota Tangsel meraih penghargaan Kota Sehat yaitu Swasti Saba Padapa oleh Kementerian Kesehatan RI dan 2 Penghargaan Kota Sehat Tingkat Provinsi Banten yaitu Swasti Saba Padapa dan Swasti Saba Wiwerda.

Menurutnya, penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kota Tangerang Selatan baik dari Pemerintah Kota, Dewan, Perusahaan Swasta dan Masyarakat. Selain itu, menjadi Sebuah bahan evaluasi bagi Pemerintah Kota agar dapat terus meningkatkan hasil yang terbaik.

“Tidak mungkin kita bisa mewujudkan Kota Tangsel sebagai kota sehat apabila tidak adanya koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan,” tegas Airin.

Mudah-mudahan, lanjutnya, dengan adanya proses penghargaan, ini menjadi sebuah bahan evaluasi. apa yang sudah baik, terus ditingkatkan dan apa yang kurang, jadi bahan evaluasi untuk dapat diperbaiki sehingga dapat memberikan yang terbaik khususnya menjadikan Kota Tangsel sebagai kota sehat.

Sofwan, Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Nasional mengutarakan, verifikasi ini merupakan kegiatan Mukti sektor dari SKPD yang terlibat, yang intinya merupakan penilaian dari pusat ke pemerintahan daerah dan kota.

“Ada 172 Kota/Kabupaten yang masuk dalam verifikasi kota sehat,salah satunya Tangsel, untuk di Banten sendiri yang masuk dalam verifikasi yakni Serang,Kota Tangerang dan Tangsel,” terangnya.

Dijelaskan, verifikasi yang sudah dilakukan berupa dokumen kegiatan, yang sudah dikirim sejak April 2017 dan ini merupakan verifikasi di lapangan dengan menilai sarana prasarana kesehatan, penilaian dilakukan di Puskesmas Pamulang, industri dan pekerjaan, sosial. (rls/bd)

Komentar Anda

comments