Lawan Radikalisme, 10 Ribu Mahasiswa se-Banten Kuliah Akbar

oleh -
Forum Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi se-Banten saat persiapan Kuliah Akbar.
Forum Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi se-Banten saat persiapan Kuliah Akbar.

Palapanews.com- Sedikitnya 10 ribu mahasiswa se-Banten bakal turut serta dalam Kuliah Akbar yang rencananya digelar 28 Oktober 2017. Kegiatan yang akan digelar di Lapas Anak, Kota Tangerang ini menyusul suksesnya aksi serupa di Bali.

Perwakilan rektorat, dari STIE Insan Pembangunan, Marihot Simorangkir mengatakan gerakan tersebut adalah gerkaan nasional para perguruan tinggi, mulai dari mahasiswa dan para rektorat, untuk menangkal radikalisme di Indonesia yang dianggap cukup membahayakan, bahkan bisa memecahbela nagara dengan diadudomba.

“Keikutsertaan perguruan tinggi se-Banten ini karena saat ini dinilai paham radikal bisa saja masuk ke dalam lingkungan mahasiswa, maka dengan aksi tersebut termasuk salah satu cara utuk mencegahnya,” tandasnya.

Pada aksi 28 Oktober mendatang, Marihot mengatakan bahwa akan ada tiga rektor yang akan melakukan orasi. Point yang akan disampaikan, yakni seputar peran para pemuda dalam mempersatukan Indonesia.

“Pada 28 Oktober 1928  silam, para pemuda bersumpah dengan menyatukan seluruh suku dan  agama yang ada di Indonesia, dan itu nanti yang akan kami sampaikan jangan sampai mahasiswa mau diadu domba, terlebih lagi sampai merusak keutuhan negara ini,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana Aksi, Ahmad Yosrizal menambahkan bahwa saat aksi kuliah akbar ini juga menunjukan peran penting bagi para mahasiswa Indonesia dalam menangkal radikalisme.

“Nanti juga akan ada deklarasi dari mahasiswa untuk bersatu menjaga Bhineka Tunggal Ika di Indonesia, menjaga Pancasila serta menolak isu-isu SARA,” tandasnya.(jok)

Komentar Anda

comments