Bank Banten Gandeng PT SMF Garap Penyaluran KPR

oleh -
Bank Banten.
Bank Banten.

Palapanews.com- PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) menjalin kerjasama dengan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) untuk menggarap penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Ini ditandai dengan penandatangan perjanjian kerjasama.

Kerjasama ini meliputi penyediaan dana untuk penyaluran KPR, peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam rangka penyaluran KPR, penerapan SOP KPR BPD-SMF, serta pemanfaatan produk dan jasa keuangan perbankan.

“Harapannya pembiayaan perumahan dapat didorong oleh Bank Banten, sehingga kebutuhan perumahan di daerah dapat terpenuhi secara menyeluruh,” kata Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo.

Hal tersebut dapat didorong oleh keunggulan BPD dalam mengenal karakteristik serta kebutuhan masyarakat di daerahnya masing-masing. “Kami akan terus mendukung BPD Banten secara optimal dalam meningkatkan kapasitas penyaluran KPR guna memenuhi kebutuhan perumahan di daerahnya,” ujar dia dikutip dari keterangan resminya baru-baru ini.

Adapun kerja sama ini merupakan salah satu realisasi dari komitmen SMF, yang tengah fokus dalam meningkatkan kerja sama dengan BPD di seluruh Indonesia. Pada 2017, SMF tengah fokus untuk meningkatkan kerja sama dengan BPD seluruh Indonesia. Terkait sinergi dengan BPD, hingga saat ini SMF telah bekerja sama dengan 26 Bank BPD, di antaranya, dengan 11 BPD untuk program pembiayaan, dan kerja sama dengan 15 BPD yang masih dalam tahap PIK, termasuk Bank Banten.

Dalam rangka mendukung optimalisasi penyaluran KPR BPD, SMF bekerja sama dengan Kementerian PUPR, Asbisindo, Asbanda, telah menyediakan Standar Operasional Prosedur (SOP) KPR BPD-SMF SOP KMK Konstruksi Perumahan, maupun SOP PPR Syariah yang dapat dipergunakan BPD sebagai rujukan pedoman dalam pemberian Kredit Konstruksi dan KPR.

SMF juga secara berkesinambungan melaksanakan pelatihan baiks secara ekslusif maupun kolektif menggelar pelatihan KPR SMF kepada BPD di seluruh Indonesia.(one)

Sumber: kontan

Komentar Anda

comments