Smart City, Depok Segera Miliki Kampung Cyber

oleh -
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Palapanews.com- Kota Depok bakal memiliki Kampung Siber atau Kampung Cyber. Ini setelah Kelurahan Mekarjaya di Kecamatan Sukmajaya berupaya menjadikan Rukun Warga (RW) 07 sebagai Kampung Cyber.

“Ini juga sebagai upaya mendukung program Depok Smart City,” kata Lurah Mekarjaya, Ahmad.

Dipilihnya RW 07 sebagai Kampung Cyber lantaran di wilayah tersebut memiliki keunggulan sumber daya manusia (SDM) dibandingkan wilayah lain. Warga di lingkungan itu, diakuinya mayoritas melek internet.

“Masing-masing wilayah memang keunggulannya berbeda. Khususnya di sini, mayoritas masyarakatnya melek dengan teknologi informasi (IT),” kata Ahmad.

Mulai dari anak-anak yang tergabung dalam Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) termasuk beberapa warga Mekarjaya, dinilainya memiliki kapasitas pengetahuan yang lebih di dunia digital.

“Potensi ini perlu diarahkan kepada hal-hal yang lebih positif. Nantinya, RW 07 menjadi daerah percontohan kegiatan-kegiatan yang bersifat IT,” Ahmad menambahkan.

Ahmad mengakui untuk mewujudkan Kampung Siber atau Kampung Cyber tidak bisa dilakukan dalam waktu yang instan. Saat ini, Kelurahan Mekarjaya masih terfokus pada pembinaan dan motivasi kepada masyarakat, baik anak-anak atau orang tua tentang pengunaan internet secara bijak.

Selain itu, Kelurahan Mekarjaya akan menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok untuk memasang jaringan wifi gratis. Dengan demikian, tidak ada daerah di lingkup RW 07 yang tidak terjangkau jaringan internet.

“Saya berharap dengan adanya Kampung Siber, tidak ada lagi masyarakat yang gaptek terhadap teknologi informasi, semua bisa memanfaatkan fasilitas internet untuk melakukan berbagai kegiatan positif demi pembangunan Kota Depok yang unggul, nyaman, dan religius,” tutupnya.(red)

Sumber: depok.go.id

Komentar Anda

comments