Jokowi Resmikan Pembangunan 326 Embung di Pandeglang

oleh -
Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo.

Palapanews.com- Presiden Joko Widodo bertandang ke Desa Muruy di Kecamatan Menes, Pandeglang, Banten, Rabu (4/10/2017). Kedatangannya ke Pandeglang, untuk meresmikan pembangunan 326 embung yang akan dibangun di desa-desa di Pandeglang.

Di Pandeglang, Jokowi -sapaan Joko Widodo- juga akan melaksanakan gerakan penanaman jagung sebagai dukungan pengembangan produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades).

Embung dan Prukades merupakan bagian dari empat program prioritas pembangunan desa yang menjadi program unggulan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Dua program lainnya yakni pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan membuat Sarana Olahraga Desa (Raga Desa).

Kabupaten Pandeglang menjadi salah satu daerah yang telah menerapkan empat program prioritas pembangunan desa tersebut. Implementasi keempatnya menjadi salah satu faktor keberhasilan Pandeglang mengatasi ketertinggalan desanya.

Data Tahun 2014 menunjukkan, dari total 326 desa di Kabupaten Pandeglang, sebanyak 214 desa masuk kategori desa tertinggal (65%). Sementara pada tahun 2016, jumlah desa tertinggal di Kabupaten Pandeglang turun menjadi 149 Desa atau berkurang 66 Desa dibandingkan tahun 2014 (30,84%) lalu.(red)

Komentar Anda

comments