Teknologi ITS Diyakini Mampu Urai Macet di Tangsel

Macet, perempatan Gaplek di Pamulang. (dok)

Palapanews.com- Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyiapkan teknologi Intelligent Traffic System (ITS) untuk mengurai antrean kendaraan di kota itu. Alat ini diyakini mampu mengurai macet, khususnya di persimpangan jalan.

Kabid Lalulintas pada Dishub Kota Tangsel, Ika mengatakan ITS ini merupakan bagian dari sistem Area Traffic Control System (ATCS) yang sudah berjalan di Kota Tangsel. Dengan ITS, managemen kontrol lalulintas di simpang jalan diyakini bakal lebih efektif.

“ITS ini merupakan teknologi manajemen lalulintas yang modern,” ungkap Ika menjelaskan kepada wartawan.

Ika menerangkan, ATCS di Kota Tangsel berfungsi sebagai monitoring, evaluasi dan pengendalian. ITS ini merupakan pelengkap dari ATCS yang bakal diterapkan di 18 titik di Kota Tangsel. Sistem canggih dan ITS ini bakal mendeteksi otomatis antrean kendaraan di simpang jalan.

“ITS ini sistem pintar. Bisa mendeteksi tumpukan kendaraan. Jadi, jika sistem mendeteksi antrean kendaraan yang overload, maka traffic light akan otomatis menjadi hijau,” katanya.

Saat ini pihaknya telah menerapkan ATCS di tiga titik di Kota Tangsel. Yakni di perempatan German Center, Alam Sutera dan Gading Serpong. Dalam waktu dekat, tiga titik ini juga akan dipasangi ITS.

“Targetnya 18 titik simpang jalan di Kota Tangsel akan dipasangi ATCS lengkap dengan ITS. Kami menargetkan 2021 sistem ini akan terpasang di 18 simpang jalan di Kota Tangsel,” tambahnya.(one)

Komentar Anda

comments