5 Jembatan di Kota Tangerang Uji Kelayakan

Palapanews.com- Untuk mengetahui kapasitas jembatan yang ada di Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerja Umum dan Sumber Daya Air melakukan pemeriksaan terhadap lima jembatan.

Pemeriksaan jembatan ini dilakukan terhadap usia jembatan yang berusia lebih dari 10 tahun, sehingga perlu dilakukan secara detail maupun secara khusus.

Hal ini disampaikan oleh salah satu ahli jembatan yang juga dosen dari salah satu universitas di Jakarta, Andi.

Menurut Andi, jembatan yang dilakukan pemeriksaan adalah jembatan yang berusia lebih dari 10 tahun, setelah dilakukan pemeriksaan lalu nanti akan ada rehabilitasi (perbaikan).

“Jembatan tersebut diperiksa secara detail, apakah ada kerusakan atau tidak. Apabila ada kerusakan maka nanti dilakukan pemeriksaan khusus,” kata Andi.

Andi menambahkan, saat ini yang dilakukan adalah uji pember. Setelah dilakukan uji pember maka dilakukan uji pembebanan.

“Setelah uji pembebanan maka akan diketahui apakah jembatan tersebut masih layak atau tidak,” tegas Andi saat ditemui disela-sela pemeriksaan di Jembatan Unis.

Adapun jembatan yang diperiksa kapasitasnya yakni Jembatan Transmart (PJO Transmart), Jembatan Leo Baru, Jembatan Maju Karya, Jembatan Unis, dan Jembatan Cikokol Baru.

“Semua di jembatan diperiksa mulai dari baja, beton, hingga baut. Kami melakukan pemeriksaan kelima jembatan tersebut sejak bulan puasa lalu,” jelasnya. (ydh)

Komentar Anda

comments