1.067 Orang Sudah Terdaftar di Ayo Mudik

oleh -

Palapanews.com- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menawarkan mudik gratis bagi masyarakat di sejumlah daerah. Pasalnya, Kemenhub telah menyediakan ribuan armada guna menekan angka kecelakaan di arus mudik dan balik.

Salah satu stand pendaftaran mudik gratis ini tersedia di Terminal Poris Plawad, Tanah Tinggi, Tangerang. Tak kurang dari 1.000 pemudik mendaftar melalui stand ini.

Tak butuh waktu lama, sejak dibuka Kamis (18/5) lalu, tercatat 1.067 orang telah mendaftar program ini. Ketua Tim Pendaftaran Ayo Mudik 2017 Kemenhub di Poris Plawad, Agus Sulistiyo mengungkapkan, jumlah tersebut dipastikan akan terus bertambah sampai penutupan. Dari sembilan kota tujuan mudik yang tersedia, dua diantaranya telah memenuhi kuota. Selain jumlah tersebut, terdapat 263 balita yang terdaftar.

“Tujuan mudik bagi pemotor yang tersedia Tegal, Kebumen, Magelang, Semarang, Purwekerto, Wonosobo, Yogyakarta. Untuk Solo dan Wonogiri sudah penuh,” katanya saat ditemui di stan pendaftaran.

Program mudik gratis bertajuk ‘Ayo Mudik’ ini bertujuan untuk mengajak para pengguna kendaraan roda dua beralih ke moda transportasi bus. Diharapkan program ini mampu menekan angka kecelakaan di masa arus mudik dan balik. Agung menuturkan, pemudik bermotor yang tidak tertampung di kuota pemudik bermotor, dapat mengikuti mudik gratis tanpa motor.

Agung menambahkan, ada skeitar 1000 armada bis yang disediakan bagi pemudik tanpa kendaraan bermotor.

“Kalau ini kan pake syarat Fotokopi KTP, SIM, STNK, dan KK jika membawa anak, kalau di Ayo Mudik tanpa motor gak perlu itu, cukup KTP dan KK (Kartu Keluarga),” tambahnya.

Layanan pendaftaran di Terminal Poris Plawad buka setiap hari, mulai pukul 8.00 hinggal 17.00 WIB. Agung menjelaskan, pendaftaran tersebut akan ditutup bila kuota telah terpenuhi. Dia juga menjelaskan tahapan pendaftaran mudik gratis tersebut. Calon pemudik, lanjutnya cukup mengisi sejumlah formulir dan melengkapi persyaratan dokumen.

“Kebetulan kalau di sini (Poris Plawad) hanya melayani pemudik bermotor, jadi yang harus dilengkapi dokumen kendaraan bermnotor, yang jelas pajak harus hidup dan satu motor berlaku untuk tiga tiket,” katanya.

Untuk angkutan mudik gratis masa Angkutan Lebaran 2017 mengalami peningkatan, yaitu untuk bus sendiri tersedia 3.409 bus atau naik 24.46 persen dari mudik gratis 2016 yaitu 2.739 bus.

Sementara itu, untuk kepasitas penumpang yaitu 208.435 atau meningkat 69,83 persen dari mudik gratis 2016 sebanyak 122.733 penumpang. Untuk truk pengangkut sepeda motor, yaitu tersedia 124 truk dan tidak ada perubahan atau sama jumlahnya pada mudik gratis tahun lalu.

Adapun kapasitas motor yang diangkut, yaitu mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu 154,72 persen dari 44,721 motor menjadi 17,557 motor. Selain diangkut lewat moda darat, motor juga akan diangkut lewat moda laut, yaitu dengan kapasitas penumpang 32 ribu orang dan motor 16 ribu unit. Untuk motor yang dingkut dengan kereta, motornya saja yang gratis, sementara penumpangnya tidak.

Kapasitas untuk motor yang diangkut oleh kereta, yaitu 18.096 unit pada angkutan Lebaran 2017 atau naik 56,57 persen dibandingkan dengan tahun lalu, yaitu 11.558 motor. Untuk anggaran angkutan motor gratis tahun ini sebesar Rp 90 miliar, yaitu untuk angkutan darat Rp 30 miliar, Rp 32 miiar dan sisanya yaitu untuk kereta. (ydh)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.