Arief Mulai Khawatir, Warga Harus Waspada akan Irama Politik

Mudah untuk Mendekati Parpol

Palapanews.com- Pertarungan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang 2018 mulai terlihat sengit. Persaingan mulai terjadi ketika petahana, Arief R Wismansyah mulai memainkan irama politiknya.

Irama politik yang dimainkan untuk mendapat respon masyarakat mulai dari kegiatan subuh keliling hingga mengirimkan karangan bunga ke acara resepsi pernikahan warga.

Melihat konsep seperti itu, Pengamat Politik dan Pemerintahan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Zaki Mubarok mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh Walikota Tangerang mulai dari subuh keliling hingga mengirimkan karangan bunga sangat efektif untuk mendekatkan diri kepada masyarakat

“Jadi langkah ini sebagai ekspresi komunikasi dan sosialisasi tentang program-program untuk mendapatkan simpati masyarakat untuk kepentingan Pilkada 2018,” katanya.

Zaki menambahkan, hal seperti ini sudah umum bagi pejabat kepala daerah mendekati pilkada makin aktif turun ke grassroots, seperti memberikan bantuan-bantuan sosial.

“Yang perlu dicermati, tidak boleh ada penyalahgunaan jabatan dalam kegiatan sosial keagamaan tersebut karena tidak boleh dijadikan ajang kampanye. Jadi masyarakat juga perlu mengawasi,” imbuh Zaki seraya menambahkan, pola-pola tersebut sangat umum atau sudah lumrah terjadi di berbagai daerah menjelang pilkada.

“Saya kira tidak sulit pak Arief untuk mencari dukungan partai politik. Dengan posisi sebagai incumben dan elektabilitas yang tinggi, banyak partai politik nantinya akan mendekati,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu tokoh yang enggan disebutkan namanya menerangkan, kegiatan yang dilakukan Walikota Tangerang menjelang Pilkada 2018 mendatang adalah sebuah ketakutan bagi dirinya. Pasalnya, pilkada masih terbilang cukup lama, tapi dirinya sudah melakukan manuver-manuver politik ditengah masyarakat.

“Bisa dikatakan pak Arief ketakutan saat ini, sehingga dirinya perlu terjun secara ekstra untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari masyarakat,” paparnya.

Dia menambahkan, lihat saja kegiatan subuh keliling yang baru dilakukan belakangan ini, kenapa tidak dari tahun sebelumnya. Lalu adanya kiriman karangan bunga kepada warga yang sedang berhajat.

“Kalau saya lihat lebih baik pak Arief langsung datang ke acara resepsi, dibandingkan hanya mengirimkan karangan bunga yang mengatasnamakan dirinya,” imbuhnya.

Saat ini, katanya, banyak masyarakat yang mempertanyakan bukti dari program yang telah digulirkan.

“Berikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Sebab hingga saat ini, masyarakat belum merasakannya apa yang telah dilakukan oleh Arief R Wismansyah selaku Walikota Tangerang,” jelasnya. (ydh)

Komentar Anda

comments