Puluhan Kendaraan Terjaring Razia Dishub Tangsel

oleh -
Petugas melakukan penilangan kepada pengendara yang tak membawa surat kendaraan.
Petugas melakukan penilangan kepada pengendara yang tak membawa surat kendaraan.

Palapanews.com- Puluhan kendaraan angkutan barang dan penumpang terjaring razia oleh petugas Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang berkolaborasi dengan Denpom Jaya dan Satlantas Polsek Cisauk di Jalan Raya Pahlawan Seribu, Kecamatan Setu, Selasa (11/4/2017).

Razia ini mengacu pada Peraturan Walikota Nomor 3 Tahun 2012 tentang Operasional Kendaraan Berat yang melarang mobil bertonase 8 ton lebih melintas di ruas jalan kota pada pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Kabid Keselamatan, Pengawasan dan Pengendalian Dishub Kota Tangsel, Wijaya Kusuma mengatakan razia kendaraan penumpang dan barang yang dilakukan pihaknya ini bertujuan untuk mewujudkan disiplin pengemudi, terutama bagi kendaraan angkutan bertonase jumbo.

“Selain bermuatan barang, kami juga merazia angkutan kota dengan total 30 pelanggaran dengan memeriksa kelengkapan surat, seperti izin trayek, buku KIR, STNK, dan lainnya,” ujarnya.

Saat razia, juga dilakukan pencopotan kaca film yang tidak dianjurkan pada sejumlah truk dan kendaraan angkutan kota. Selain itu, petugas pun menemukan adanya buku KIR palsu asal DKI Jakarta yang dapat dibedakan secara kasat mata.

“Ini palsu. Harusnya dicetak print, ini ditulis tangan, yang bersangkutan kami tilang STNK-nya,” jelasnya.

Nur (43) pengemudi dump truk yang kedapatan menunjukkan buku KIR palsu mengaku tak tahu menahu soal itu.

“Saya tidak tahu, cuma bawa saja. Bukan saya yang urus hal-hal ini,” ungkap Nur. (nad)

Komentar Anda

comments