Calon Haji Tangsel Diminta Keliling Lapangan Pamulang

Semangat, para calon jamaah haji keliling lapangan Kecamatan Pamulang.

Palapanews.com- Ratusan calon jamaah haji asal Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diminta keliling lapangan kantor Kecamatan Pamulang, Minggu (26/3/2017) pagi. Tak peduli tua atau muda, para calon haji ini dengan sukarela mengikuti instruksi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Tes Kebugaraan Calon Jamaah Haji yang dilaksanakan Dinas Kesehatan setempat. Tak kurang dari 200 calon jamaah haji dari Pamulang, Ciputat, Ciputat Timur dan Setu ambil bagian dalam kegiatan ini.

“Ini merupakan kegiatan rutin. Setiap tahun dilaksanakan sebagai bekal para calon jamaah haji agar mampu menjaga kebugaran selama pelaksanaan haji di tanah suci nanti,” kata Kabid Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Iin Sofiawati.

Tes kebugaran tahap pertama ini, diakui Iin dilaksanakan selama satu hari. Selanjutnya, pada tahap kedua nanti akan diikuti calon jamaah haji asal Kecamatan Serpong, Serpong Utara dan Pondok Aren yang dilaksanakan di Kelurahan Parigi.

“Tes kebugaran calon jamaah haji dilaksanakan oleh tim tes kebugaran haji Dinas Kesehatan Kota Tangsel. Tes kebugaran ini merupakan sebagai awal untuk melaksanakan tes kesehatan pada tahap berikutnya,” katanya menjelaskan.

Pada tes kebugaran ini, para calon jamaah haji terlebih dahulu diminta mengisi formulir. Kemudian, diukur tekanan darah dan nadi. Setelah itu, calon jamaah haji diminta melakukan lari keliling lapangan kantor Kecamatan Pamulang sebanyak lima kali atau sejauh 1,6 Kilometer.

“Dengan mengetahui tes kebugaran, diharapkan calon jamaah haji bisa meningkatkan kebugarannya dengan latihan mandiri di rumah. Selain gerakan-gerakan sederhana yang sudah dilatih oleh instruktur, juga diberikan pelatihan senam haji yang bisa dilakukan secara mandiri,” kata Iin menambahkan.

Dengan demikian, kesiapan calon jamaah haji untuk melaksanakan ibadah haji bisa lebih optimal. Pasalnya, kebugaran tubuh mutlak dibutuhkan agar pelaksanaan rukun-rukun haji, seperti tawaf dan sa’i berjalan lancar.

“Tes kebugaran ini setiap tahun dilakukan. Ini sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap para calon jamaah haji. Kita lakukan jauh-jauh hari agar bisa rutin dilaksanakan di rumah, sehingga saat pelaksanaan haji nanti bisa lebih lancar,” tandasnya. (one)

Komentar Anda

comments