Pemkot Tangerang Bakal Bangun 3 Taman

Ruang Terbuka Hijau Terus Ditingkatkan

Palapanews.com- Ruang Terbuka Hijau atau disingkat RTH merupakan suatu bentuk pemanfaatan lahan pada satu kawasan yang diperuntukan untuk penghijauan tanaman.

RTH sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Kota Tangerang sebagaia sarana untuk bersantai, beredukasi hingga sarana untuk menjalin komunikasi.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, RTH yang lebih didominasi sebagai taman memang sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan terus menyediakan taman yang tersebar di Kota Tangerang.

“Taman merupakan sarana publik yang sangat dibutuhkan keberadaannya, sehingga taman sangat pas untuk dijadikan sarana berinteraksi,” kata Arief.

Dikatakan Arief, keberadaan taman juga sebagai paru-paru kota yang dapat menghasilkan banyak O2, serta mampu meredam kebisingan akibat polusi udara. Tidak hanya itu saja, taman juga dapat menambah nilai estetika sebuah lingkungan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah kota.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah bersama Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin saat mengunjungi Taman Bambu.

Kepala Bidang Pertamanan pada Dinas Budaya dan Pariwisata, Kota Tangerang, Tihar Sopian menerangkan, taman menjadi wadah yang sangat penting bagi masyarakat, untuk itu Pemkot Tangerang secara bertahap akan membangun taman ditempat yang sesuai dengan ruang terbuka hijau. Untuk saat ini, pihaknya akan membangun tiga taman yakni Taman Kupu-kupu yang berlokasi di Cikokol, Taman Burung yang berlokasi di Jalan M. Yamin dan Taman Herbal yang berlokasi di Nyimas Melati.

“Tiga taman inilah yang akan dibangun di 2017,” pungkas Tihar seraya mengungkapkan, hingga saat ini Kota Tangerang telah memiliki 153 ruang terbuka hijau, dan 22 titik merupakan taman tematik.

“Kita juga membutuhkan kerjasama dari masyarakat agar mau untuk menjaga kebersihan dan keindahan taman,” papar Tihar seraya menjelaskan, pihaknya tetap fokus melakukan perawatan dan penjagaan ditiap taman, mulai dari melakukan penyiraman hingga dihadirkannya Satgas Taman yang berfungsi untuk menjaga serta mencegah timbulnya tindakan negatif dari pengunjung taman. (Adv)

 

Komentar Anda

comments