142 Makam di Tangerang Dibongkar

oleh -

Palapanews.com – Ratusan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gaclong di RT 4/4, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, direlokasi.

Direlokasinya makam tersebut karena terkena gusuran proyek Kereta Api Bandara Soekano Hatta, dan makam yang terkenal angker tersebut dibongkar satu per satu, setelah adanya dana santunan dari PT KAI kepada keluarga jenazah.

Pantauan di lokasi, banyak makam yang lama maupun baru sudah telihat kosong. Jenazah-jenazah tersebut direlokasi ke lahan kosong di sebelah utara yang masih bersebelahan dengan TPU.

Pengurus TPU Gaclong, Rahmat mengatakan, relokasi telah dilakukan sejak pekan lalu. Dari 193 makam yang terdata, sekitar 142 makam sudah direlokasi. Sisanya tinggal menunggu pembayaran dana santunan dari PT KAI.

“Setiap lubang diganti sekitar Rp 3 juta kepada keluarga korban. Yang sudah direlokasi ini yang sudah dibayar. Sisanya pada Selasa besok. Pembongkaran makam ada yang dilakukan oleh pengurus makam, ada juga oleh pihak keluarga jenazah itu sendiri,” jelasnya kepada Palapanews.com,Jumat (17/3).

Rahmat menjelaskan, TPU Gaclong yang memiliki luas sekitar 2 hektare ini sudah ada sejak zaman Jepang menjajah Indonesia. Namun asal usul pemilik lahan tidak diketahui. Dulunya, banyak warga Tangerang dari seluruh wilayah menguburkan keluarganua di sini. Namun saat ini hanya digunakan sejumlah warga di Kelurahan Tanah Tinggi dan Buaran Indah.

Lahan baru sebagai tempat relokasi memiliki luas sekitar 1400 meter persegi. Lahan tersebut milik warga sekitar yang diganti oleh PT KAI. Nantinya TPU akan dibenahi dengan diberi fasilitas seperti tempat istirahat pengurus makam, mushola, kurung batang, dipagar dan diberi gerbang. (pp)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.