SMPN 23 Kota Tangerang Sediakan Toilet Ramah Siswi

oleh -

Palapanews.com – SMPN 23 Kota Tangerang menyediakan toilet yang ramah bagi siswi yang bersekolah disana. Pasalnya, di toilet SMPN 23 disediakan pembalut dan juga celana dalam untuk siswi yang sedang menstruasi.

Dari pantauan Palapanews.com dilapangan, pembalut dan juga celana dalam tersusun rapih dalam sebuah rak yang ditaruh tepat disamping toilet khusus perempuan.

Menurut Jumaeni, kepala SMPN 23 Tangerang, program tersebut untuk memudahkan siswi yang baru pertama kali mengalami menstruasi yang kebetulan sedang berada di sekolah.

“Jangan sampai anak-anak yang baru pertama kali mengalami menstruasi merasa malu dengan teman-temannya karena ada noda darah di pakainya. Kita harus melayani mereka agar tidak menjadi bahan bullying siswa yang lain,” ucapnya kepada Palapanews.com pada, Rabu (8/3).

Bahkan, saat ini fasilitas tersebut bukan hanya dinikmati siswi yang baru mengalami menstruasi, justru bagi mereka yang juga kebetulan sedang haid.

“Kadang anak-anak yang sudah mengalami haid pun tidak bisa memprediksi kapan datang bulan. Jadi dengan adanya toilet ramah siswi ini bisa mempermudah mereka,” ucapnya.

Jumaeni pun menambahkan, dengan disediakannya fasilitas untuk wanita disetiap toilet di sekolahnya bisa meminimalisir perilaku bohong siswi.

“Kadang ada saja yang mengaku sakit perut karena haid, tetapi dengan disediakannya pembalut dan juga celana dalam mereka tak bisa berbohong, karena kami pun menyediakan ruang UKS yang nyaman dengan ditemani petugas yang berjaga,” jelasnya.

Program tersebut disambut baik oleh Syifa Zahra Safitri, siswi kelas VIII SMPN 23 Kota Tangerang. Menurutnya, dengan disediakannya pembalut dan juga celana dalam disetiap toilet bisa membantu para siswi yang sedang mengalami menstruasi.

“Kadang hitungan kita suka salah, yang harusnya besok baru datang bulan, gataunya malah bocor hari ini. Jadi menurut aku bagus banget program ini,” ucapnya.

Bahkan, gadis yang biasa disapa Zahra itu mengaku tidak dipungut biaya sepeserpun saat mengambil pembalut di toilet sekolahnya.

“Gratis, gak diminta bayaran, yang penting sampahnya tidak kita buang sembarangan,” papar Zahra.

Sebelumnya diberitakan Dinas Pendidikan Kota Tangerang canangkan program One Day Service Toilet di semua sekolah menengah pertama negeri dan swasta. Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP, Jamalludin bahwa program tersebut dikhususkan bagi siswi yang sedang menuju masa pubertas karena sudah mengalami fase menstruasi. (pp)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.