Dindik Canangkan Program Toilet Ramah untuk Siswi

oleh -
Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaludin.

Palapanews.com – Dinas Pendidikan Kota Tangerang mencanangkan program One Day Service Toilet di semua sekolah menengah pertama negeri dan swasta.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP, Jamalludin, program tersebut dikhususkan bagi siswi yang sedang menuju masa pubertas karena sudah mengalami fase menstruasi.

“Program ini kami rencanakan setelah tahun lalu Menpan-RB memberikan penghargaan kepada salah satu sekolah yang sudah menerapkan program tersebut. Maka kami coba mengadopsi program tersebut di Kota Tangerang,” ucapnya kepada Palapanews.com.

Jamalludin menjelaskan, program One Day Service Toilet adalah menyediakan berbagai fasilitas untuk siswi yang sedang mengalami menstruasi di sekolah. Fasilitas yang disediakan adalah pembalut dan juga celana dalam.

Program ini dinilai pro terhadap kepentingan anak-anak perempuan. Pasalnya, belum banyak sekolah yang bisa menyediakan kebutuhan anak perempuan yang sedang mengalami masa menstruasi.

“Kadang anak-anak ketika mengalami menstruasi dan sedang berada di sekolah sering merasa malu, apalagi yang baru pertama kali. Penyebabnya banyak, bisa dari darah yang tembus dan juga hal lainnya, maka jika kejadian tersebut terjadi tugas kita di sekolah harus menanggulanginya,” jelasnya.

Nantinya jika program tersebut berjalan, pihak sekolah harus menyediakan rak kecil disetiap toilet perempuan yang isinya pembalut dan juga celana dalam.

“Untuk saat ini kita masih tahap penjajakan, dan sosialisasi. Yang penting saat ini sekolah bisa menyediakan pembalut dan celana dalam di UKS atau di PMR,” tambah pria yang juga Ketua PGRI Kota Tangerang itu.

Kemudian, Jamalludin juga menambahkan program ini akan diberlakukan dahulu ditingkat SMP. Pasalnya, pada anak se-usia SMP yang baru pertama kali mengalami menstruasi.

“Jika anak-anak di tingkat sekolah dasar sudah mengalami menstruasi nanti akan kita jadikan program wajib bagi sekolah di Kota Tangerang. Tapi saat ini programnya masih dalam tahap kajian,” pungkasnya. (pp)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.