Ratusan Siswa Gugup saat Simulasi UN Online

oleh -
Siswa SMPN 24 Kota Tangerang gelar simulasi UN online.
Siswa SMPN 24 Kota Tangerang gelar simulasi UN online.

Palapanews.com – Sebanyak 361 siswa di SMPN 24 Kota Tangerang mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (27/2/2017).

Menurut Suhardi, Kepala SMPN 24, simulasi tersebut dilakukan untuk mengenalkan kepada siswa secara dini tata pelaksanaan ujian menggunakan komputer.

“Hari ini kami melakukan simulasi untuk yang pertama kali, dan diikuti oleh 361 siswa kelas IX. Simulasi ini juga kita bagi menjadi tiga sesi dalam satu hari,” ujar Suhardi kepada Palapanews.com.

Suhardi menjelaskan, pada simulasi yang digelar hari ini setiap satu unit komputer digunakan oleh dua orang siswa. Pasalnya, hal tersebut dilakukan karena adanya keterbatasan unit komputer dan laptop di sekolah yang dikelolanya itu.

“Saat ini jumlah komputer dan laptop baru ada 80 unit, sedangkan kebutuhan yang harus kita penuhi sekitar 130 unit. Namun, saya sudah menjalin komunikasi dengan pihak ketiga untuk menjalin kerjasama, dan mereka bisa memenuhi kebutuhan yang kurang tersebut,” jelasnya.

Dirinya pun berjanji akan melakukan simulasi kembali dalam waktu dekat. Tujuannya agar siswa menjadi terbiasa dan tidak merasa gugup ketika ujian nanti.

“Harapan kami ketika pelaksanaan nanti pada bulan Mei siswa bisa tenang saat menghadapi ujian, dan kami juga mempersiapkan segala urusan teknisnya,” jelasnya.

Sementara, Agrivina Amelin salah satu siswa mengaku gugup saat pertama kali menjawab soal yang diujikan. Pasalnya dirinya masih terbiasa menjawab soal ujian secara konvensional.

“Sebenarnya sih aku lebih nyaman ujian tulis saja, karena kalo misalkan jawaban kita salah bisa langsung diperbaiki. Tetapi kalo di komputer harus menunggu sampai semua soal terjawab,” ungkapnya.

Namun, dirinya berharap agar simulasi ujian yang akan datang bisa lebih baik lagi pelaksanaanya.

“Semoga nanti bisa sendiri-sendiri, biar bisa lebih konsentrasi lagi,” pungkasnya. (pp)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.