Musrenbang, Dinkes Tangsel Bekali UPT Puskesmas

oleh -

Palapanews.com- Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Pra Musyawarah Pembangunan Rencana Pembangunan (Musrenbang) bersama dengan UPT Puskesmas di wilayah Tangsel di salah satu rumah makan di Serpong, Selasa (7/2).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Listya Windyarti, pihaknya bersentuhan secara langsung dengan masyarakat, sehingga urusan wajib pelayanan dasar harus berkolaborasi dengan peran pemerintah.

“Oleh karena itu, kita persiapkan dari sekarang untuk mengawali pekerjaan di tahun 2018 mendatang. Kami memberikan kembali rambu-rambu, langkah-langkah dan batasan kewenangan yang ada pada Dinas Kesehatan dan UPT Puskesmas untuk menuju Musrenbang,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut dijelaskan mengenai visi misi Walikota, RPJMD,  Renstra dalam mempersiapkan UPT Puskesmas yang ada di wilayah untuk bisa menemani para kader kesehatan melakukan musrenbang dari tingkat RW.

“Kami meminta kepala UPT Puskesmas untuk membekali kader. Apa saja yang dibutuhkan bisa dipenuhi.  Termasuk mendampingi langsung hingga ke penyelenggaraan musrenbang.

Sementara Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, musrembang nantinya akan diselenggarakan sesuai dengan indikator yang ada di dalam RPJMD.

“Harusnya pada musrenbang harus ada komunikasi yang baik dari pemangku kepentingan kepada masyarakat, bahkan tingkat RW. Coba kita tiru strategi marketing bisnis swasta. Harusnya satu puskesmas bisa menginventalisir dua wilayah sekaligus,” harapnya.

Harus bisa mengikuti perkembangan dasar dan kesehatan sebagai urusan wajib dan pelayanan paling dasar yang harus diurus oleh pemerintahan, walaupun ada rumah sakit swasta. Selain itu, walaupun banyak dinas yang dilebur, dinas kesehatan harus tetap ada karena sebagai pelayanan yang paling dasar.

“Nantinya akan ada verifikasi yang dilaksanakan pada tahun 2018. Nanti akan dipadukan dengan usulan-usulan dari masyarakat yang berkaitan dengan RPJMD disesuaikan dengan pagu anggaran yang akan ditetapkan. Isu utamanya adalah adanya perluasan cakupan pelayanan dan peningkatan usia harapan hidup,” beber Benyamin. (nad)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.