Kota Bogor Punya Nomor Panggilan Darurat 112

Walikota Bogor, Bima Arya menunjukan nomor panggilan darurat 112.

Palapanews.com- Kini, Kota Bogor resmi memiliki Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) SOS 112. Layanan yang diluncurkan 19 Januari lalu ini untuk memfasilitasi laporan dan pengaduan masyarakat.

Walikota Bogor, Bima Arya mengatakan bentuk layanan yang bisa ditangani lewat NTPD SOS 112 ini adalah laporan tindak kriminalitas, kebakaran, bencana, kecelakaan, darurat medis serta kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Ia menambahkan, sejak disosialisasikan pada awal Desember 2016 silam sudah tercatat sekitar 800 laporan darurat yang masuk ke nomor tersebut. Hanya saja, dari seluruh laporan yang diterima, cuma 12 kasus yang benar-benar terjadi.

“Sisanya Hoax, palsu,” kata Bima Arya sembari mengatakan kalau layanan tersebut merupakan aspirasi warga Kota Bogor yang sifatnya darurat.

Keberadaan nomor layanan darurat ini, menurutnya masih perlu disosialisasikan. Selain agar bisa berfungsi lebih efektif, juga supaya tidak ada lagi yang memanfaatkannya untuk sekadar iseng, menyalahgunakan atau menyampaikan laporan palsu.

Terkait hal itu Bima meminta  kepada aparat kepolisian untuk membuat dasar hukum yang dapat digunakan untuk menindak mereka yang membuat pengaduan atau laporan palsu.

Di Indonesia tercatat hanya 10 kota yang sudah menyediakan nomor layanan kedaruratan. Dengan begitu, Kota Bogor telah menjadi salah satu kota yang dianggap layak dan mampu membangun sistem darurat. (red/one)

Sumber: kotabogor.go.id

Komentar Anda

comments