Sektor UMKM Depok Terus Berkembang

Sektor UMKM di Kota Depok terus berkembang.

Palapanews.com- Keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Depok, Jawa Barat kini makin diperhitungkan. Tidak hanya jumlahnya yang makin bertambah, tapi peran sertanya dalam membantu perekonomian di Kota Depok makin terasa.

ā€œBerdasarkan survei kami, peningkatan peran serta UMKM di Kota Depok mencapi 15 persen. Ini patut dipertahankan dan ditingkatkan kembali,ā€ tutur Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Mohammad Fitriawan seperti dikutip depok.go.id, Kamis (19/1/2017).

Di Kota Depok, menurutnya terdapat beberapa jenis pelaku UMKM yang mengalami peningkatan. Adapun yang paling menonjol yaitu di bidang kuliner, fashion, dan handycraft.

Untuk bidang kuliner, kata Fitiawan, masyarakat cenderung senang mengonsumsi jenis makanan yang bervariasi atau memiliki ciri khas tersendiri.

Sedangkan bidang fashion mengalami peningkatan, karena masyarakat ingin tampil lebih kekinian dengan fashion yang dikenakannya.

Begitu pun untuk bisnis handycraft juga menjadi unggul, karena banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan barang hasil kerajinan tangan. Barang hasil rumahan cenderung lebih menarik dibandingkan yang dihasilkan dengan menggunakan mesin.

ā€œMasing-masing jenis UMKM ini memiliki keunggulan yang berbeda, namun ketiganya menjadi sorotan utama di kalangan masyarakat,ā€ tambah lelaki yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok.

Untuk mengenalkan produk tersebut, pelaku UMKM tidak hanya memasarkan pada acara besar saja. Tapi, jugaĀ  memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pemasaran.

Untuk di Depok sendiri saat ini ada beberapa laman yang digunakan untuk memasarkan produk hasil UMKM. Di antaranya melaluiĀ  GeraiDepok.com, UKMdepok.co.id, dan ukmbelimbing.blanja.com.

Terakhir, Fitriawan berharap ke depan seluruh jenis pelaku UMKM dapat unggul di Kota Depok tidak hanya bidang tertentu saja. Selain untuk meningkatkan pendapatan, juga sebagai informasi kepada masyarakat bahwa Depok punya berbagai jenis produk UMKM unggulan.

“Semoga produk-produk UMKM dapat terus meningkat, masyarakat juga mengenal lebih banyak,” tutupnya. (one)

Komentar Anda

comments