Kota Bekasi Punya Kartu Sehat untuk Warga Miskin

oleh -
Walikota Bekasi, Rahmat Effendi.
Walikota Bekasi, Rahmat Effendi.

Palapanews.com- Kota Bekasi kini memiliki Kartu Sehat berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK). Senin (16/1/2017), program anyar Pemkot Bekasi itu diluncurkan di plaza Pemerintah Kota Bekasi.

Dengan keberadaan Kartu Sehat berbasis NIK ini, diharapkan masyarakat mendapat kemudahan dalam akses layanan kesehatan di kota patriot tersebut.

“Jadi, masyarakat kurang mampu tidak perlu susah lagi masuk rumah sakit manapun baik RSUD maupun Rumah sakit Swasta di Bekasi, karena pusat layanan kesehatan harus menghargai Kartu Sehat,” kata Walikota Bekasi, Rahmat Effendi.

Ia mengaku, program Kartu Sehat ini berkaitan dengan integrasi data kependudukan warga Kota Bekasi, database kependudukan masyarakat Kota Bekasi dan data pasien tidak mampu yang ada di Dinas Kesehatan Kota Bekasi. Keseluruhannya, diakuinya telah terintegrasi dan tersinkronisasi sehingga Kartu Sehat Berbasis NIK ini telah terverifikasi penggunanya. Data ini sebagai dasar pemakaian Kartu Sehat Berbasis NIK untuk berobat ke rumah sakit.

“Database yang telah tersinkronisasi akan mempermudah proses demi proses pelayanan dasar kesehatan masyarakat Kota Bekasi yang membutuhkan,besok saya akan melaunching-nya” jelas Walikota.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Kartu Sehat Berbasis NIK diperuntukkan bagi masyarakat Kota Bekasi dengan penghasilan sama atau di bawah Upah Minimum Kota (UMK) Kota Bekasi 2017 yang besarannya berkisar 3,5 juta rupiah.

“Kartu ini akan berlaku di 37 rumah sakit yang ada di Kota Bekasi, jadikan kartu sehat Kota Bekasi ini sebagai kartu bermartabat dan bermanfaat bagi warga yang membutuhkan,” tandasnya. (*)

Sumber: bekasikota.go.id

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.