Tangsel Budayakan Literasi Sejak Dini

oleh -
Talkshow membangun budaya literasi pada Jambore Perpustakaan Tangsel. (ijul)
Talkshow membangun budaya literasi pada Jambore Perpustakaan Tangsel. (ijul)
Talkshow membangun budaya literasi pada Jambore Perpustakaan Tangsel. (ijul)

PalapaNews.com- Banyak cara dapat dilakukan untuk membangun budaya literasi. Diantaranya diet tv. Dengan menyepakati waktu bersama keluarga terutama anak-anak, untuk seperlunya saja menonton dan dampingi anak saat menonton acara televisi. Selebihnya manfaatkan waktu untuk membaca.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi II DPRD Sri Lintang dalam acara talkshow yang diselenggarakan Persatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), yang diselenggarakan di Lapangan Sunburst, BSD, Serpong, Rabu (23/11/2016).

“Dampingi anak saat menonton acara televisi, kontrol anak dengan jadwal teratur. Kapan saatnya menonton dan kapan saatnya untuk belajar membaca dan menulis,” kata Lintang saat talkshow di acara Jambore Ke-5 Perpustakaan sebagai Rangkaian HUT Ke-8 Kota Tangerang Selatan.

Senada Lintang, Santo Diktara dari Kemendikbud memaparkan, budaya menonton harus diganti perlahan dengan budaya membaca. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat jadwal antara menonton dan membaca.

“Contohnya buat jam membaca dari sehabis maghrib hingga jam 21.00 WIB. Para orang tua juga harus membaca untuk memberi tauladan kepada anak. Bersama orang tua dan anak tumbuhkan minat untuk gemar membaca,” tegasnya ditengah talkshow dengan tema Membangun Budaya Literasi Untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045.

Sementara, menurut Andi Angger sebagai penggiat sosial Tangsel, tidak semua program televisi negatif, banyak juga program acara yang edukatif. Maka dari itu, orang tua harus cerdas dalam mengarahkan anaknya. Saat menonton televisi, arahkan anak untuk menonton program-program yang edukatif.

“Orang tua yang mengatur waktu buat buah hatinya. Berikan keleluasaan kepada anak untuk menonton program televisi yang edukatif. Selebihnya arahkan anak untuk membaca. Beri tauladan kepada anak, tunjukkan bahwa orang tua gemar membaca. Dengan begitu, secara perlahan pasti anak akan meniru kebiasan orang tua,” terangnya. (ijul)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.