Aplikasi Berbasis IT Milik RSU Tangsel Mudahkan Pelayanan

oleh -

rsu-tangsel-1Palapanews.com- Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Sejalan dengan cita-cita pemerintah daerah yang mengusung konsep Smart City, rumah sakit plat merah ini mulai memanfaatkan beragam aplikasi pelayanan berbasis teknologi informasi.

rsu-tangsel-smsAplikasi yang sudah berjalan, antara lain SMS Getaway, Sistem Integrasi Program (SIP) dan Kegiatan, Sistem Informasi Fasilitas Kesehatan (SIFAK), Sistem Pencatatan Kelahiran, SIJARIEMAS, Penggunaan Card Reader untuk Pasien RSU dan Pengembangan Rujukan Online melalui SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu).

Aplikasi berbasis teknologi informasi ini dijalankan untuk menjawab banyaknya keluhan pengguna jasa rumah sakit, khususnya soal layanan antrean pendaftaran yang panjang. Melalui beragam aplikasi yang dijalankan ini, diharapkan mampu memangkas antrean dan menciptakan layanan optimal bagi masyarakat.

rsu-tangsel-3Pada layanan SMS Getaway, khusus diciptakan untuk mengurangi antrean dan mempersingkat waktu tunggu pasien di poliklinik. Melalui SMS Getaway, pasien sudah mendapatkan waktu berobat yang dikirimkan melalui sms satu hari sebelum pelayanan. Untuk mendapat layanan ini, pasien bisa mengirimkan SMS dengan format: REG #NamaPasien #NomorRekamMedik #TanggalLahir #Poliyangdituju #JenisPembayaran.

Untuk mengurangi tingkat kematian dan kecacatan yang tinggi di Indonesia akibat kasus darurat, RSU sudah menjalankannya melalui Public Safety Center (PSC) yang merupakan bagian jejaring dari National Command Center (NCC). Fasilitas ini akan memberikan pelayanan kepada pasien selama 24 jam untuk memudahkan kasus layanan kegawat daruratan dan mempercepat respon cepat penanganan korban.

Aplikasi lain yang sudah dijalankan, yakni SIFAK. Aplikasi berbasis android ini bisa didapat masyarakat dengan melakukan download aplikasi dengan nama sama di smartphone berbasis androidnya masing-masing. Aplikasi ini terbilang lengkap dengan berbagai fitur di dalamnya.

rsu-tangsel-2Fitur itu, antara lain SPGDT 119 dan Call RSU yang merupakan Call Center gawat darurat 119. Akses jadwal praktek dokter atau poliklinik, fitur informasi rawat inap, tarif pelayanan RSU dan informasi terkait Puskesmas yang ada di Kota Cerdas, Modern dan Religius ini.

“Pada intinya, beragam aplikasi yang disediakan ini untuk memudahkan pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dari RSU Kota Tangsel secara cepat, efektif dan efisien melalui smartphone yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja,” kata Direktur RSU Kota Tangsel, drg Maya Mardiana MARS. (adv)

rsu-tangsel-ucapan

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.