Pemkot Tangerang Kerahkan Mobil Penyapu Sampah Otomatis

oleh -
Pemkot Tangerang saat melaunching mobil sweeper. (uad)
Pemkot Tangerang saat melaunching mobil sweeper. (uad)
Pemkot Tangerang saat melaunching mobil sweeper. (uad)

Palapanews.com- Sebagaimana kota-kota besar lain di dunia, Kota Tangerang pun saat ini sedang menghadapi persoalan sampah. Dimana per hari ada 1000 ton sampah yang dihasilkan oleh masyarakat Kota Tangerang.

Hal itu mengharuskan Pemkot Tangerang untuk berfikir kreatif guna mengelola timbunan sampah yang jumlahnya bisa makin bertambah seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk di Kota Akhlakul Karimah.

Selain pengerahan armada dan petugas kebersihan, kini Pemkot Tangerang kembali menunjukkan komitmennya dengan pengerahan dua armada mobil penyapu jalanan otomatis (sweeper) yang beroperasi di jalanan protokol di Kota Tangerang.

Mobil yang diklaim lebih efisien dibanding 10 tenaga penyapu biasa tersebut dijadwalkan beroperasi pada bulan Desember nanti.

“Ini bari uji coba mungkin awal Desember bisa beroperasi karena butuh pelatihan juga buat sopirnya,” ujar Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah sesaat setelah menyaksikan demo penggunaan mobil sweeper tersebut.

Arier menuturkan, mobil sweeper ini merupakan program Dinas Kebersihan dan Pertamanan yang rencananya untuk jalan-jalan protokol terutama media jalan. Karena median jalan memiliki kerawanan apalagi dengan kondisi kendaraan yang padat.

“Kedepan tidak menutup kemungkinan bagi pemkot untuk menambah jumlah mobil sweeper yang ada saat ini, mengingat urgentnya persoalan penanganan sampah dan kebersihan di Kota Tangerang,” tandasnya. (adv)

Komentar Anda

comments