Wacana Sekolah Gratis di Kota Tangerang Hindari Permainan PSB

oleh -
Suparmi, Ketua DPRD Kota Tangerang. (dok)
Suparmi, Ketua DPRD Kota Tangerang. (dok)

Palapanews.com- Kota Tangerang akan menggratiskan biaya pendidikan SD dan SMP tingkat swasta di tahun 2017. Selain untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, program ini juga untuk mengilangkan budaya permainan dalam penerimaan siswa baru (PSB).

Demikian diungkapkan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, Suparmi. Menurut dia, sebelum ada usulan Tangerang Cerdas pihaknya sudah mengusulkan digratiskan untuk negeri maupun swasta untuk mencegah adanya permainan dalam PSB.

“Waktu itu sudah dikaji jaman Pak Thabrani sebagai Kepala Dinas Pendidikan membutuhkan 200 Miliar. Tapi beliau keburu dipindah ke Dispora dan berbeda lagi usulannya,” ujar Suparmi.

Namun demikian, politisi PDI-Perjuangan ini mengaku tetap mendorong program penggratisan biaya pendidikan SD dan SMP negeri maupun swasta tersebut.

“Ternyata muncul Tangerang Cerdas, tapi tidak mengena. Bahkan ada temuan dan terus berdinamika,” jelasnya.

Ditambahkan Suparmi, di tahun 2017 nanti Tangerang Cerdas tidak ada lagi, tapi diganti menjadi pendidikan gratis SD dan SMP negeri maupun swasta.

Diberitakan sebelumnya, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menuturkan, selama ini Pemkot Tangerang terus berupaya memberikan yang terbaik. Diantaranya melalui beasiswa yang diberikan kepada pelajar berprestasi sekolah negeri khususnya bagi yang kurang mampu, yaitu melalui Program Tangerang Cerdas.

Bahkan untuk tahun 2017, sudah memenuhi amanat peraturan perundangan yaitu sebesar 20 persen yang diarahkan untuk peningkatan sarana dan prasarana. Seperti penambahan ruang kelas dengan  mengalokasikan dana sebesar Rp. 22,1 miliar.

“Untuk pemberian BOP yang selama ini hanya diberikan bagi sekolah negeri, maka tahun 2017 akan diberikan juga kepada siswa-siswi sekolah swasta, yang dianggarkan sebesar Rp. 60 miliar. Begitu halnya dengan kesejahteraan para guru, yang juga diupayakan semakin meningkat setiap tahunnya,” tandasnya. (uad)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.