Dinas Koperasi & UKM Tangsel Gelar Student Preneur Award

oleh -
Wakil Walikota Benyamin Davnie memberikan piala kepada pemenang Student Preneur Award. (nad)
Wakil Walikota Benyamin Davnie memberikan piala kepada pemenang Student Preneur Award. (nad)
Wakil Walikota Benyamin Davnie memberikan piala kepada pemenang Student Preneur Award. (nad)

Palapanews.com- Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memberikan penghargaan bagi siswa-siswi tingkat SMA, SMK dan MA dalam ajang Student Preneur Award 2016 di Hotel Grand Zury, Serpong, Senin (21/11/2016). Penghargaan ini bertujuan untuk mengingkatkan semangat menjadi wirausaha dan menciptakan lapangan kerja.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan program ini sangat bagus untuk meningkatkan wirausaha muda, khususnya tingkat pelajar. Bagi para pemenang yang sudah mengikuti kompetisi tentang kewirausahaan ini, diharapkan dapat memberikan daya dorong kepada generasi muda sejak dini.

“Saya berharap mereka dapat berkreasi dan berinovasi serta mengembangkan apa yang menjadi gagasan mereka,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel, Warman Syanudin menambahkan rangkaian kegiatan sebetulnya sudah berjalan sejak empat bulan silam, kala itu dibuka di Universitas Terbuka (UT) di Pamulang dan terus melalui tahapan seleksi peserta hingga pada puncaknya adalah pemberian penghargaan.

“Dari 3 ribu peserta seluruh sekolah tingkat SMA sederajat di Tangsel terseleksi menjadi 1000 peserta terseleksi menjadi tiga ratus siswa lalu diseleksi lagi menjadi tiga puluh siswa. Dari tiga puluh siswa terseleksi menjadi dua belas siswa. Merekalah yang berhak mendapatkan penghargaan sesuai dengan tim seleksi yang menjaring,” papar Warman.

Tahapan berikutnya tidak berhenti pada penghargaan, tapi akan ditindak lanjuti melalui pembinaan usaha agar semakin berkembang. Harapannya mereka betul-betul melakukan pengembangan dan menjadi fokus kedepan selesai sekolah hingga masuk perguruan tinggi.

“Kami akan melanjutkan melalui pembinaan dan pendampingan sehingga menjadi wirausaha yang unggul,” tambahnya.

Untuk diketahui, dewan juri berasal dari kalangan akademisi, pelaku usaha dan pemerhati perkembangan dunia UKM. Tentunya mereka menguasai dan memiliki kompetensi yang cukup baik dalam melihat satu produk pengembangan siswa siswi.

Kegiatan mengusung tema ‘The Day Inspiration’ ini dihadiri sekitar 200 siswa dari berbagai sekolah di Kota Tangsel, baik negeri dan swasta. Dirinya berharap dengan menciptakan kreasi dan inovasi dapat menciptakan lapangan pekerjaan kedepan sehingga mengurangi pengangguran yang ada.

“Ini yang kami harapkan semakin tumbuh wirausaha muda agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Bukan lagi mencari kerja tapi membantu pengungguran yang ada, melalui kegiatan ini untuk mengasah kepekaan siswa dan menggali potensi yang ada,” jelasnya.

Produk yang dihasilkan seperti kuliner, perbengkelan, salon, teknologi, dan kreasi-kreasi unik lainnya. Juara pertama mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp5 juta berikut piala, juara dua mendapatkan uang pembinaan Rp3 juta berikut piala dan juara ketiga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 2juta berikut piala.

Acara dihadiri banyak kepala SKPD, serta sekretaris SKPD, juga pelaku usaha dan perwakilan dari Kementerian Koperasi dan UKM. Para peserta pun dibagikan seragam sebagai tanda pencangangan gerakan kewirausahaan secara serempak. (adv)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.