Dinkop & UKM Tangsel Cetak Wirausahawan Muda

oleh -
Pengembangan kewirausahaan di UIN Sahid Ciputat. (nad)
Pengembangan kewirausahaan di UIN Sahid Ciputat. (nad)
Pengembangan kewirausahaan di UIN Sahid Ciputat. (nad)

Palapanews.com- Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Festival Kewirausahaan Mahasiswa di Gedung Harun Nasution, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah (Sahid), Ciputat, Senin (17/10/2016). Sebanyak 700 mahasiswa diberikan wawasan dan arahan untuk menjadi wirausaha kedepannya.

Kepala Dinkop dan UKM Kota Tangsel, Warman Syanudin mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Puspiptek dan Trainer Kewirausahaan, untuk membina dan membimbing para mahasiswa yang berasal dari UIN dan kampus lainnya di Tangsel.

“Tujuannya sih agar setelah lulus nanti, mereka tidak bingung mau bekerja menjadi apa. Saya berharap mereka seua akan menjadi wirausaha,” tutur Warman.

700 mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini, menurut Warman akan diseleksi lagi ke tahap berikutnya untuk wawancara, ngbrol, dan akan dipilih lagi sesuai dengan jenis keahliannya. Jika ada mahasiswa yang belum menjadi anggota koperasi pun, diharapkan segera masuk dan menjadi anggota koperasi untuk badan usaha kedepannya.

Sementara Jaka Badranaya, praktisi Kewirausahaan dari UIN Jakarta mengatakan kegiatan festival kewirausahaan ini untuk membentuk mental wirausaha di kalangan pemuda Tangsel. Terutama mereka yang sedang menempuh kuliah agar kedepannya setelah lulus tidak bingung atau hanya memikirkan mencari pekerjaan.

“Kewirausahaan merupakan solusi menghadapi era masyarakat ekonomi Asean. Maka itu mulai dari usia muda harus sudah memiliki mental dna keberanian dalam meulai usaha salah satunya dengan cara seperti ini pembekalan, pembinaan dan pendampingan,” ucapnya

Menurutnya pembekalan dan pembinaan dalam festival kewirausahaan ini tidak sekedar memberikan teori tentang wirausaha namun mengarahkan kepada peningkatan inovasi dan kreatifitas serta jejaring bagaimana mendapatkan permodalan.

“Akan dibantu sampai akses modal nanti hubungannya bisnis to bisnis kepada perbankan agar mereka mandiri dalam memulai usaha,” ujarnya. (nad)

Komentar Anda

comments