Aneh, Ritual Ibadah Haji di Kronjo Cuma Kelilingi Empang

oleh
Ilustrasi aliran menyimpang. (net)
Ilustrasi aliran menyimpang. (net)
Ilustrasi aliran menyimpang. (net)

Tangerang, PalapaNews.com – Ajaran-ajaran kepercayaan yang menyimpang terus bermunculan di Indonesia. Bahkan di Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang ditemukan tata cara ibadah haji yang menyimpang dari ajaran Islam.

“Kita sudah berupaya mencegah meluasnya aliran di Kronjo. Di sana ada ritual dengan cara keliling empang sudah bisa melaksanakan ibadah haji,” kata Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nuralam, dalam sosialisasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat di Tigaraksa, Rabu (27/7/2016).

Ia mengaku, sejauh ini perwakilan MUI yang tersebar di 29 Kecamatan selalu proaktif melakukan pengawasan dan pembinaan. Terlebih, Kementerian Agama melansir ada 300 aliran kepercayaan yang menyimpang dari nilai-nilai ajaran Islam.

“Di Kabupaten Karawang juga ada aliran yang menganut ibadah salawatan diiringi dangdut dan tidak mewajibkan salat subuh. Ini harus dicegah,” kata dia.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tangerang, Firdaus untuk menangkal berkembangnya aliran menyimpang itu diperlukan peran serta masyarakat, terutama tokoh agama.

“Para tokoh agama bisa memberikan pemahaman dan kesadaran tentang nilai-nilai ajaran yang baik dan benar, yang sesuai dengan tuntunan dan syariat Islam,” tandasnya.

Diketahui, kegiatan itu juga dihadiri perwakilan Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan tokoh masyarakat serta ulama. (day/one)

Komentar Anda

comments