Jaga Kebugaran Tubuh saat Mudik, Ini Tipsnya

oleh -
dr Dian Permatasari. (one)
dr Dian Permatasari. (one)
dr Dian Permatasari. (one)

Tangsel, PalapaNews.com – Musim mudik telah tiba. Bertepatan dengan Lebaran 2016 ini, gelombang mudik mulai terjadi termasuk warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang pulang ke kampung halamannya.

Rutinitas tahunan yang terjadi tiap tahun ini, akan lebih mantap jika Anda mempersiapkan segala keperluannya. Tak hanya kesiapan kendaraan, kondisi fisik pemudik juga harus benar-benar disiapkan agar mudik Anda ke kampung halaman berjalan aman dan nyaman.

Dokter Spesialis Gizi Klinik di RSU Kota Tangsel, dr Dian Permatasari M. Gizi, SpGK memberikan tips yang bermanfaat bagi calon pemudik. Khususnya, berkaitan dengan tips konsumsi makanan agar stamina tubuh tetap kuat selama dalam perjalanan.

“Asupan makanan yang bergizi itu penting, untuk menjaga kesehatan dan stamina. Karena perjalanan jauh akan menguras energi, baik itu untuk pengendaranya maupun penumpangnya,” kata dr Dian Permatasari menjelaskan kepada wartawan.

Selain makanan bergizi, minum air putih dan makan buah-buahan akan mampu menjaga tingkat konsentrasi. Asupan karbohidrat pun diakui dr Dian sangat penting. Maka itu, ia menyarankan agar konsumsi asupan karbohidrat secara teratur.

“Untuk mencegah agar tubuh kita tidak mudah lelah, hindari minum kafein dalam jumlah banyak. Karena kadar glukosa berlebih dapat membuat tubuh lebih cepat letih. Jadi hindari kafein,” jelasnya.

Pelaksana Pelayanan Medis Bagian Poli Medical Check Up (MCU) pada RSU Kota Tangsel, dr Sintha Kumalasari menambahkan perjalanan mudik menguras tenaga. Maka itu, ia memberikan tips agar tidur nyenyak selama enam jam sebelum berangkat mudik.

“Istirahat yang cukup, agar stamina tetap terjaga. Begitu juga selama dalam perjalanan, upayakan untuk istirahat setiap 10 jam berkendara. Ini dilakukan agar konsentrasi kita tetap terjaga,” tandasnya.

Terpenting, menurut dr Shinta yakni tidak memaksakan untuk berkendara melebihi batas kemampuan daya tahan tubuh. Istirahat itu penting, untuk menghilangkan letih dan jenuh serta tentunya menghindari kecelakaan di jalan raya.

“Kalau memang benar-benar lelah, jangan sungkan untuk tidur terlebih dahulu. Pejamkan mata sejenak, mampu memulihkan tenaga dan meningkatkan konsentrasi,” tandasnya. (adv)

rsud

Komentar Anda

comments