MenPAN-RB Pastikan Rasionalisasi PNS

oleh -
MenPAN-RB Yuddy Chrisnandy saat kunjungan ke Pemkab Tangerang. (eni)
MenPAN-RB Yuddy Chrisnandy saat kunjungan ke Pemkab Tangerang. (eni)

Tangerang, PalapaNews.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Chrisnandi memastikan pemerintah akan tetap melakukan rasionalisasi pegawai negeri sipil (PNS). Hanya saja belum ditetapkan apakah rasionalisasi akan terapkan secara progresif, pasif ataupun alamiah.

‚ÄĚKeputusan akhir ada di presiden. Tapi kita tetap akan melakukan rasionalisasi. Meskipun secara alamiah PNS memang berkurang. Tetapi bisa saja kita atur pada penerimaan pegawai nantinya,” katanya.

Melalui cara itu, diakui Yuddy proses pemetaan PNS akan berlangsung cepat. Dipastikan dalam waktu tiga tahun sudah bisa diperoleh angka PNS 3,5 juta orang.

“Rasionalisasi progresif yang terbaik dilakukan agar PNS tidak berkualitas dan berkinerja buruk bisa dipensiunkan dini. Dengan pensiun dini, beban belanja pegawai pun akan cepat berkurang,” kata dia.

Meski ngotot dengan rasionalisasi progresif, Yuddy tetap menyerahkan keputusan akhir kepada presiden. Sebab presiden pasti punya berbagai pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

Soal kapan laporan lengkap rasionalisasi PNS diserahkan kepada presiden, menurut Yuddy akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Semuanya sudah siap kok, tinggal saya laporkan saja. Apalagi presiden sudah minta laporannya,” tandasnya. (eni)

Komentar Anda

comments