Tangsel Raih Opini WTP dengan Catatan

oleh -
Opini wajar tanpa pengecualian. (bbs)
Opini wajar tanpa pengecualian. (bbs)
Opini wajar tanpa pengecualian. (bbs)

Tangsel, PalapaNews.com – Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Banten untuk pengelolaan keuangan tahun 2015.

Penghargaan tersebut langsung diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Banten, Yusna Dewi kepada Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, dalam acara penyerahan LHP dan LKPD TAHUN 2015, Rabu (1/6/2016) di Serang. Hanya saja, predikat WTP bagi Pemkot Tangsel ini masih memiliki sejumlah catatan.

Meski memiliki predikat WTP, menurut Yusna Dewi masih ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Antara lain masalah aset daerah yang masih terganjal terutama pelimpahan aset, tanah dan utilitas, dari kabupaten Tangerang. Selain itu, belum dietapkannya batas kapitalisasi untuk anggaran.

Terkait peningkatan rumah layak huni bagi masyarakat juga menjadi sorotan BPK. Pasalnya, prorgam itu dinilai belum ada SK dari walikota. Program dinilai cukup baik namun pengelolaan belum berjalan dengan baik.

“Soal penggunaan dana BOS belum maksimal. Temuan kepatuhan karena masih banyaknya kelebihan bayar atas program-program yang dilakukan sebelumnya,” kata Yusna Dewi menambahkan.

Sementara itu, Airin mengaku hasil tersebut merupakan buah dari kerja keras jajarannya. Kata dia, Pemkot Tangsel telah melakukan pengendalian internal secara baik dalam hal ini fungsi pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat ke setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) secara berkelanjutan dan menyeluruh.

“Terkait ada beberapa catatan yang diberikan oleh BPK RI Banten, kami akan segera memperbaikinya,” kata Airin singkat. (rls)

Komentar Anda

comments