Kunker ke Tangsel, Pandeglang Contek Pemanfaatan Data Kependudukan

oleh -
Disdukcapil Kab Pandeglang saat kunker ke Disdukcapil Kota Tangsel. (man)
Disdukcapil Kab Pandeglang saat kunker ke Disdukcapil Kota Tangsel. (man)
Disdukcapil Kab Pandeglang saat kunker ke Disdukcapil Kota Tangsel. (man)

Tangsel, PalapaNews.com – Pemkab Pandeglang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melakukan kunjungan ke Disdukcapil Tangsel, Rabu (25/5/2016). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka belajar regulasi dan penerapan pemanfaatan data di Disdukcapil Tangsel.

“Kami belum seperti Tangsel yang sudah memanfaatkan data kependudukan antar lembaga. Kedepan, Kabupaten Pandeglang, akan segera menyusul untuk menerapkan regulasi tersebut,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Pandeglang, Sutisna.

Pihaknya juga akan menimba ilmu dari Disdukcapil Tangsel, terhadap inovasi yang mereka buat selama ini, seperti pengalaman mereka mendapatkan ISO, regulasi yang mereka terapkan supaya pelayanan disdukcapil di Kabupaten Pandeglang bisa seperti Disdukcapil Tangsel.

“Bukan hanya mengenai regulasi, ISO, dan pemanfaatan data kependudukan, namun kami pun diberitahu mengenai aplikasi terbaru pelayanan online yang dimiliki Disdukcapil Tangsel, dimana pemohon bisa mengakses web Disdukcapil dan melakukan secara online untuk data kependudukan,” jelasnya.

Selain itu ilmu yang didapat berupa, pemanfaatan data itu mesti benar-benar dispesifikan. Sehingga, jelas manfaatnya bagi pelayanan masyarakat.

Sementara Kepala Disdukcapil Tangsel Toto Sudarto menjelaskan, kedatangan tamu dari Kabupaten Pandeglang itu merupakan kehormatan. Sebab prinsipnya, semua daerah memiliki kelebihan masing-masing.

“Prinsipnya, Disdukcapil programnya satu, regulasinya sama, tinggal seninya saja. Kita sharing informasi, apa saja yang sudah dilakukan Disdukcapi Tangsel untuk menerapkan hal tersebut,” pungkasnya. (man)

Komentar Anda

comments