Gandeng BPN, Pemkot Tangsel Gelar Sensus Lahan

oleh -
Peresmian layanan online BP2T dan DPPKAD Kota Tangsel. (ham)
Peresmian layanan online BP2T dan DPPKAD Kota Tangsel. (ham)
Peresmian layanan online BP2T dan DPPKAD Kota Tangsel. (ham)

Tangsel, PalapaNews.com – Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) menggandeng Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk melakukan sensus lahan dan rumah warga.

Menteri ATR/Kepala BPN RI, Ferry Mursyidan Baldan mengatakan program sensus ini untuk mempercepat proses pendataan lahan milik warga.

“Pemkot Tangsel mendukung penuh untuk menjalankan program sensus terhadap lahan maupun bangunan milik warga. Ini akan berlangsung hingga 2018 nanti,” kata Ferry di kampus Universitas Terbuka (UT) Pondok Cabe, Pamulang, Rabu (20/4/2016).

Pemkot Tangsel dan BPN setempat akan mengerahkan petugas untuk mensensus dan mengidentifikasi lahan, serta bangunan warga. Ada 60 petugas dibantu pengurus RT, RW dan kelurahan untuk melakukan sensus.

“Sensus ini juga untuk menekan potensi konflik, sengketa maupun klaim lahan dan bangunan milik seseorang. Setelah disensus, maka warga akan mendapatkan gambaran luas bidang lahan dan bangunan yang sebenarnya,” kata Ferry.

“Meskipun belum disertifikasikan namun warga akan mengetahui luas lahan atau bangunan yang dimilikinya sehingga menghindari konflik,” ujar mantan anggota Komisi II DPR RI itu.

Selain menggulirkan kegiatan sensus, Kementerian ATR/BPN RI bersama Pemkot Tangsel menginovasi program layanan pertanahan berbasis digital, serta membebaskan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi masyarakat.

“Untuk pertama kalinya program pertanahan berbasis digital diluncurkan di Kecamatan Ciputat Tangsel,” tutur Ferry.

Ferry menargetkan tujuh kecamatan lainnya di Kota Tangsel akan menerapkan layanan pertanahan berbasis digital pada 2018.

Bagi masyarakat Kota Tangsel dapat menginstal aplikasi “Sentuh ATR/BPN” pada layanan “Google Playstore” atau melalui “Iphone safari” : http://support.bpn.go.id/ mobileapps/index.php.

Ferry berharap pemerintah daerah dan BPN di wilayah lain juga mengikuti dan menginovasi program layanan pertanahan yang bermanfaat dan memudahkan masyarakat. (hen)

Komentar Anda

comments