Koperasi Alumni SMPN 1 Serpong’87 Sukses Gelar RAT Perdana

oleh -
Anggota Koperasi Alumni SMP 1 Serpong Angkatan 87 foto bersama. (bd)
Anggota Koperasi Alumni SMP 1 Serpong Angkatan 87 foto bersama. (bd)
Anggota Koperasi Alumni SMP 1 Serpong Angkatan 87 foto bersama. (bd)

Tangsel, PalapaNews.com – Koperasi Serba Usaha (KSU) AS3A’87 sukses menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2015 yang berlangsung pada 3 April 2016 di Aula Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kota Tangerang Selatan. Dalam rapat perdana tersebut menghasilkan beberapa keputusan penting bagi kemajuan koperasi ke depannya.

Meskipun baru memasuki tahun pertama, koperasi yang anggotanya para alumni SMPN 1 Serpong lulusan tahun 1987 ini, telah mampu melaksanakan RAT sesuai ketentuan tentang Koperasi, yang merupakan forum rapat tertinggi. Sejak berdiri pada 12 Nopember 2014  lalu, KSU AS3A’87 telah berhasil merekruit sebanyak 28 anggota dan sekitar tiga  puluhan orang calon anggota bakal menyusul.

“Alhamdulillah RAT dapat terlaksana dengan baik dan menghasilkan kesepakatan untuk mengangkat saudara kita Nibun Sutrisno sebagai Manager Koperasi yang bertugas mengelola koperasi. Kita juga telah menetapkan kantor sekretariat koperasi yang berlokasi di Ciater Barat RT 03 RW 05, Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong,” ungkap Hanapi, Ketua Koperasi AS3A’87 yang ditemui usai acara rapat.

Menurut Hanapi, Rapat Anggota Tahunan yang dipimpin oleh Kamal Mukhlas bersama Sekretaris Lina Herlina dan Edi Mawardi selaku perwakilan badan pengawas Koperasi itu juga merupakan forum laporan pertanggung-jawaban pengurus dan pengawas Koperasi AS3A’87 Serpong tahun buku 2015.

“Kami telah menyusun rencana kerja untuk periode Januari hingga Desember 2016 ini, diantaranya akan menggencarkan kegiatan sosialisasi Koperasi agar dikenal oleh alumni lainnya maupun masyarakat luas dengan upaya-upaya  seperti mengadakan seminar atau pelatihan koperasi, membuat pamflet (brosur/poster) juga dengan mamanfaatkan media sosial sebagai alat promosi,” papar Hanapi.

Ketetapan-ketetapan lainnya yang berhasi diputuskan dalam RAT berdasarkan hasil rapat dan disetujui oleh forum rapat yang terdiri dari pengurus, badan pengawas, anggota, calon anggota serta para undangan itu antaralain; tentang perubahan besaran iuran atau simpanan wajib anggota dari Rp50 ribu menjadi Rp30.000 dan besaran simpanan pokok dari Rp500 ribu menjadi Rp100.000. Kemudian juga diputuskan ketentuan-ketentuan terkait rencana kegiatan usaha yang akan dilaksanakan oleh unit simpan pinjam.

“Keputusan tersebut kami ambil agar tidak memberatkan calon anggota, sehingga bisa menjangkau semua kalangan dengan harapan jumlah anggota koperasi akan semakin bertambah banyak. Karena anggota itu bagi koperasi merupakan asset yang potensial untuk meningkatkan permodalan koperasi,” jelas Hanapi.

Sementara itu perwakilan dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopindo) Kota Tangerang Selatan, Jaya Suparna sangat mengapresiasi kerja keras dari para pengurus KSU AS3A’87 untuk melaksanakan hajat koperasi yang masih sangat muda usianya ini. Menurutnya salah satu penilaian baik tidaknya sebuah koperasi dilihat dari kemampuan koperasi melaksanakan RAT dan waktu pelaksanaanya. Semakin cepat maka akan semakin baik nilainya; pelaksanaan bulan Januari, Februari, Maret atau April berbeda point nilainya.

Diinformasikan susunan pengurus Koperasi AS3A’87 periode tahun ini masing-masing; Hanapi sebagai ketua, Mahendra sebagai wakil ketua, Dewi Mayasari sebagai sekretaris, Eni Suhaeni sebagai sekretaris II dan Bakri sebagai bendahara. Sedangkan yang duduk sebagai badan pengawas terdiri dari: Arsad sebagai ketua, Mardi dan Rustini sebagai wakil ketua merangkap anggota. (bd)

Komentar Anda

comments