Dinas Kesehatan Kota Tangsel Bakal Akreditasi 7 Puskesmas

oleh -
Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany kunjungan ke Puskesmas Pondok Betung. (ist)
Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany kunjungan ke Puskesmas Pondok Betung. (ist)
Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany kunjungan ke Puskesmas Pondok Betung. (ist)

PalapaNews- Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) terus memaksimalkan pelayanan dasar kesehatan bagi masyarakat. Salah satunya, melalui program akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di kota berpenduduk 1,4 juta jiwa ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Suharno mengatakan pada 2016 ini akan ada tujuh Puskesmas yang dilakukan akreditasi. Antara lain, Puskesmas Pamulang, Puskesmas Ciputat, Puskesmas Pondok Aren, Puskesmas Serpong 2, Puskesmas Pondok Jagung dan lainnya.

“Akreditasi Puskesmas bertujuan untuk memenuhi standar pelayanan masyarakat. Akreditasi tersebut secara infrastruktur memiliki SOP, standar pelayanan dan penguasaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup, agar bisa melayani masyarakat dengan baik,” ujar SUharno, Jumat (8/1).

Suharno juga mengungkapkan, dengan terakreditasinya puskesmas maka masyarakat akan mendapatkan pelayanan paripurna, yakni penguasaan terhadap 144 jenis penyakit dan pelayanan yang dibutuhkan, salah satunya seperti bantuan ibu melahirkan.

“Sementara untuk Akreditasi Puskesmas lainnya akan menyusul, karena di akhir tahun 2019 nanti, semua Puskesmas harus telah terakreditasi,” jelasnya.

Sebelumnya, Dinkes juga sudah meluncurkan program Sistem Informasi Managemen Puskesmas (SIMPUS). Program pertama di Indonesia ini, bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Program SIMPUS diluncurkan di 5 puskesmas yang ada di Kota Tangerang Selatan.Kelima puskesmas tersebut yakni Pondok Betung, Pondok Jagung, Setu, Ciputat Timur. (man)

Komentar Anda

comments