Begini Progress Penanganan Banjir di Kota Tangerang

oleh -
Walikota Tangerang saat monitoring proyek penanganan banjir di wilayah barat. (ist)
Walikota Tangerang saat monitoring proyek penanganan banjir di wilayah barat. (ist)
Walikota Tangerang saat monitoring proyek penanganan banjir di wilayah barat. (ist)

PalapaNews- Proyek penanganan banjir di Kota Tangerang diklaim telah menunjukan hasil positif pada awal 2016 ini, khususnya proyek di wilayah Barat yakni Priuk dan sekitarnya.

Dari keterangan pers yang dikirim ke palapanews.com, salah satunya pembangunan long storage di Situ Bulakan yang sudah direncanakan dari tahun 2015. Disebutkan, pada awal Januari 2016 sudah mulai beroperasi.

Long Storage yang berfungsi sebagai saluran pembuangan untuk Kelurahan Priuk dan sekitarnya diharapkan mampu menampung limpasan air dari Kali Cirarab dan Kali Ledug sehingga bisa mengurangi beban Situ Bulakan. Long Storage dengan panjang 500 meter juga akan dilengkapi dengan dua unit pompa air yang berkekuatan 100 liter/detik.

Pembangunan turap sepanjang 850 meter di Kali Cirarap juga sudah selesai. Turap dengan ketinggian 10 meter diatas permukaan laut tersebut diharapkan mampu meminimalisir dampak banjir yang diakibatkan oleh Kali Cirarab.

Kemudian pembangunan jembatan yang menjadi alternatif penghubung antara Perumahan Taman Elang dan Total Persada per-Januari 2015 juga sudah bisa dimanfaatkan. Sehingga akses ke  perumahan Total Persada yang biasanya terputus ketika banjir bisa tetap dilewati.

Selain itu, Situ Cangkringan  atas bantuan Balai Besar Ciliwung Cisadane telah dinormalisasi, sehingga bisa menambah daya tampung kedua situ tersebut.

Sementara itu, Walikota ketika melakukan monitoring ke Wilayah Barat, Jumat (8/1/2016) menyampaikan skenario penanganan banjir 2016 di wilayah barat, pihaknya berencana terlebih dahulu akan melakukan pengurangan debit air Situ Bulakan.

“Kita rencananya akan keringkan debit air Situ Bulakan, sebelum entensitas hujan meningkat,” tandasnya.

Ia mengaku, ke depan bakal mengurangi debit air Situ Bulakan dengan cara menyedot dan mengalirkan ke Kali Cirarab atau ke Long Storage yang sudah jadi.

“Jadi ketika nanti curah hujan meningkat Situ Bulakan diharapkan tidak kelebihan beban,” tandasnya. (nai)

Komentar Anda

comments