Kecelakaan Lalu Lintas, 61 Orang Tewas Sepanjang 2015 di Cilegon

oleh -
Ilustrasi. (bbs)
Ilustrasi. (bbs)
Ilustrasi. (bbs)

PalapaNews- Sedikitnya 170 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi di Kota Cilegon, Banten sepanjang 2015 lalu. Dari 170 kasus itu, 61 orang dilaporkan meninggal dunia.

Dari data Satuan Lalu Lintas Polres Cilegon, 153 orang dinyatakan luka berat dan luka ringan dengan kerugian material sekitar Rp542 juta.

“Sebagian besar kecelakaan itu akibat kelalaian pengemudi kendaraan roda dua,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cilegon Ajun Komisaris (AKP) Herlia.

Mereka kasus kecelakaan lalu lintas yang meninggal dunia itu, di antaranya dari kalangan remaja, termasuk pelajar dan mahasiswa.

Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan upaya pencegahan dengan mengoptimalkan razia maupun operasi untuk meminimalkan jumlah korban meninggal dunia.

Selain itu, melaksanakan penyuluhan-penyuluhan juga sosialisasi tertib lalu lintas kepada masyarakat, termasuk kalangan pelajar.

“Kami berharap melalui sosialisasi ini dapat meinimalikan jumlah kasus kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Menurut dia, kebanyakan penyebab kecelakaan itu akibat “human error” atau kesalahan manusia dengan tidak menaati tertib berlalu lintas, seperti melintas dengan arah berlawanan.

Di samping itu, mengendarai tanpa menggunakan pelindung kepala atau helm juga kebut-kebutan di tengah jalan sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

“Kami meminta pengemudi dapat membudayakan tertib berlalu lintas agar terhindar dari kecelakaan,” katanya.

Ia mengajak masyarakat jika anggota keluarganya mengalami kecelakaan, segera melaporkan kepada petugas lalu lintas.

Pelaporan dengan cepat tersebut bisa dilakukan penyelidikan kasus kecelakaan di tempat kejadian juga cepat pencairan dana asuransi tersebut.

“Kami berharap warga segera melaporkan jika terjadi kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa atau luka berat,” katanya. (rma/nai)

Komentar Anda

comments