Okupansi Hotel di Banten Capai 80 Persen

oleh -
Kamar di Hotel Grand Zuri Serpong, Kota Tangsel. (man)
Kamar di Hotel Grand Zuri Serpong, Kota Tangsel. (man)
Kamar di Hotel Grand Zuri Serpong, Kota Tangsel. (man)

PalapaNews- Sepanjang liburan akhir tahun 2015 kemarin, bisnis perhotelan di Provinsi Banten untuk wilayah non pantai mengalami peningkatan okupansi mencapai 80%.

“Khususnya perhotelan di luar wisata pantai, seperti Tangerang Raya yang okupansinya sekitar 70%,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banten Achmad Sari Alam, dikutip palapanews.com dari bisnis.com, Minggu (3/1/2016).

Menurutnya, kevel yang sama berlaku untuk daerah Serang dan Cilegon. Dengan okupansi antara 70% – 80%.

Selama peak season alias periode padat kunjungan tamu, manajemen hotel memanfaatkannya untuk meraup lebih banyak pundi-pundi rupiah. Bukannya menurunkan harga, justru hotel menaikkan harga salah satunya melalui paket makan malam dan paket-paket lain.

“Bukan pengurangan harga melainkan kenaikan harga rerata bisa 15%, misalnya dengan paket dinner bersama. Ini dilakukan memang memanfaatkan peak season,” ujar Achmad.

Di tengah perekonomian nasional yang dikabarkan lesu, PHRI mengaku terkejut dengan animo rekreasi masyarakat pada akhir tahun. Kondisi ini diharapkan menjadi pertanda bakal pulihnya geliat bisnis termasuk di sektor jasa hotel dan restoran. (one)

Komentar Anda

comments