Kak Seto: Libatkan Anak Dalam Kampanye Terbuka, Langgar Hak Anak

oleh -
Anak-anak dalam kampanye Ikhsan Modjo-Li Claudia. (jok)
Anak-anak dalam kampanye Ikhsan Modjo-Li Claudia. (jok)

PalapaNews- Pemerhati anak, Kak Seto atau Seto Mulyadi angkat bicara soal pelibatan anak-anak dalam Kampanye Terbuka Pilkada Tangsel, pasangan nomor urut 1 Ikhsan Modjo-Li Claudia Chandra di Lapangan Alap-alap Jombang, Ciputat, Minggu (22/11/2015).

Penggagas Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Anak di seluruh Indonesia ini menilai melibatkan anak-anak dalam kegiatan politik merupakan pelanggaran hak anak.

“Sangat disayangkan sekali jika masih ada keterlibatan anak-anak seperti ini. ini sama saja pelanggaran terhadap hak anak, dan penyelenggara harus memberikan teguran terhadap kegiatan kampanye ini semestinya,” ujarnya.

Ia juga menyarankan agar sebelum kampanye digelar, setiap pasangan calon wajib memberikan imbauan kepada kader atau simpatisannya untuk tidak mengikutsertakan anak dalam kampanye terbuka.

“Dengan begitu, tidak ada lagi anak-anak dalam kampanye politik,” tandasnya.

Sebelumnya,Kampanye Terbuka Pilkada Tangsel dimulai oleh pasangan nomor urut 1, Ikhsan Modjo-Li Claudia Chandra di Lapangan Alap-alap Jombang, Ciputat, Minggu (22/11/2015).

Sejumlah tokoh partai hadir dalam kampanye itu, sepeti Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Mohammad Jafar Hamzah, perwakilan DPP Demokrat Inggrid Kansil. Sedangkan dari Gerindra, ada Biem Muhammad.

Dari pantauan di lapangan, sayangnya masih ada saja anak-anak dalam kegiatan kampanye. Puluhan anak-anak, terlihat mengenakan kaos bergambar Ikhsan Modjo-Li Claudia. Mereka juga terlihat mengibarkan bendera partai.

Soal larangan mengikutsertakan anak dalam kampanye, sebetulnya sudah jelas diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kampanye. Namun, kesannya aturan ini diabaikan. (jok)

Komentar Anda

comments