Belum 100 Persen ODHA di Tangsel Tertangani

oleh -
Ilustrasi. (bbs)
Ilustrasi. (bbs)
Ilustrasi. (bbs)

PalapaNews- Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menargetkan seluruh Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) tertangani dengan baik dan mendapat pengobatan. Saat ini, di Kota Tangsel terdapat 328 ODHA yang sudah terdata.

Kasi Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel, dr Alwan mengatakan saat ini baru 100-an ODHA yang tertangani. Targetnya, seluruh ODHA di Tangsel tertangani hingga tahun depan.

“Goal (targetnya), kita upayakan 100 persen ODHA on ARV (Anti Retro Viral). Jadi seluruh ODHA mendapat perawatan yang kita berikan,” katanya menjelaskan kepada wartawan, Jumat (20/11/2015).

ARV itu, menurutnya merupakan obat yang harus dikonsumsi ODHA. Fungsinya, agar ODHA bisa hidup normal, tidak gampang menularkan penyakit dan dapat hidup sehat serta berdampingan dengan masyarakat lain. “Hanya saja, ODHA ini harus terus mengonsumsi ARV selama hidupnya,” Alwan menambahkan.

Saat ini, obat ARV dilakukan secara gratis oleh pemerintah bagi ODHA yang sudah tertangani dan terdeteksi. Jadi, ODHA tak usah takut apalagi mengisolasi diri secara sosial.

“Asalkan, obat ARV tidak putus, karena jika putus obat maka akan lebih mahal lagi biaya pengobatannya karena dilakukan secara individu,” tandasnya. (one)

Komentar Anda

comments