Industri Logam Paling Terdampak Pelemahan Ekonomi

oleh -
Industri pengolahan logam. (bbs)
Industri pengolahan logam. (bbs)
Industri pengolahan logam. (bbs)

Palapanews- Pelemahan ekonomi tanah air berdampak pada perkembangan sektor industri. Di Kota Tangerang, yang paling terdampak adalah sektor industri logam, seperti pabrik peleburan besi.

“Pelemahan ekonomi dan melemahnya nilai tukar rupiah sangat berpengaruh terhadap industri logam di Kota Tangerang,” kata Ketua Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI) Kota Tangerang, Riden Hatam Aziz di Tangerang, Minggu (18/10/2015).

Data terakhir yang dikumpulkan SPMI Kota Tangerang, tercatat sebanyak 100-150 orang buruh yang terpaksa di-PHK dan ratusan lainnya terpaksa dirumahkan.

Dijelaskan Riden, salah satu upaya pihak perusahaan agar tidak melakukan PHK dan merumahkan karyawan saat ini adalah dengan mengurangi shift, meniadakan lembur. Hal ini lanjutnya sangat berpengaruh terhadap pendapatan buruh dan semakin memperpuruk kondisi.

“Solusinya menurut kami, pemerintah harus menurunkan harga kebutuhan pokok yang menimbulkan dampak multi player efek, seperti harga Bahan Bakar Minyak (BBM),” Kata Riden. (don)

Komentar Anda

comments