UMN Gelar Bulan Bahasa Indonesia

oleh -
Universitas Multimedia Nusantara. (bud)
Universitas Multimedia Nusantara. (bud)
Universitas Multimedia Nusantara. (bud)

Palapanews- Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menggelar bulan bahasa Indonesia. Kampus yang berlokasi di Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, ini mengajak kaum pelajar muda se-jabodetabek untuk tetap melestarikan Bahasa Indonesia.

“Perlu adanya penanaman dari akar rumput tentang bahasa Indonesia. Salah satunya mengajak kaum pelajar muda untuk mebudayakan bahasa Indoensia dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ketua Panitia, Stephanus Erman Bala.

Ia mengakui, era kaum muda sekarang lebih dominan untuk berbahasa ‘gaul’ yang diterapkan dalam media sosial. Saat ini, kata dia, rasa memiliki bahasa Indonesia sudah luntur.

“Sungguh menghawatirkan, bagaimana sepuluh tahun kedepan, apakah bahasa Indonesia masih ada atau hilang?” tandasnya.

Melalui bulan Bahasa Indonesia, UMN mencoba mengingatkan kembali dan menanamkan nilai-nilai bahasa Indonesia dengan kegiatan perlombaan musikalisasi puisi, debat, penelitian dan karya ilmiah. Supaya dari lisan dan tulisan bahasa Indonesia lebih diresapi, ketimbang untuk melakukan sebuah kegiatan seremonial.

“Kegiatan ini melakukan pendidikan bahasa Indonesia untuk kaum pelajar muda, supaya menghargai dan melestarikan bahasa Indonesia,” ujarnya.

Ditambahkannya, pemerintah kabupaten/kota bahkan pemerintah pusat perlu melindungi bahasa Indonesia agar tidak luntur. “Peran pemerintah harus ada, harapannya seperti ada hari peringatan,” harapnya. (kie)

Komentar Anda

comments